Tips & Trick

Pentingnya Mengelola Stres di Masa Vaksinasi

Jakarta – Indonesia kini tengaj menjalani program vaksinasi covid-19 secara nasional, namun bagi sebagian masyarakat justru masih ada yang ragu dan stres menyikapi berita vaksinasi.

Menanggapi hal tersebut, Pakar serta Dosen Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Sentot Haryanto, M.Si., Psi, mengingatkan pentingnya mengelola stres saat program vaksinasi berlangsung. Terlebih beberapa masyarakat kini sudah mulai melakukan vaksinasi ditengah berita lain bermunculan seperti adanya varian baru covid-19 di Inggris.

“Pada era pandemi Covid-19 saat ini, stres sangat penting untuk dikelola. Karena kondisi di rumah, di kantor, di masyarakat, di medsos, atau mungkin faktor ekonomi dan lain-lain, semuanya memungkinkan sebagai sumber stres,” kata Sentot melalui keterangan resminya di Jakarta  Sabtu 16 Januari 2021.

Sentot menyebut, Indonesia yang juga masih dilanda berbagai bencana, baik bencana alam maupun bencana sosial juga harus ditanggulangi dampak psikologinya ke masyarakat. Di era pandemi Covid-19 ini, menurutnya, semua pihak mau tidak mau dituntut untuk bisa berdampingan secara harmonis dengan kondisi tersebut untuk menghindari munculnya stres.

Ia juga merasa heran, sebab masih saja ada orang yang tidak mempercayai adanya Covid-19, padahal kondisi saat ini masyarakat Indonesia memasuki situasi yang sangat luar biasa. Kemudian semua orang dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan kenormalan baru.

“Belum lagi kita dikejutkan dengan virus varian baru dari Covid-19. Kondisi luar bagaimanapun sangat mungkin memengaruhi kondisi kejiwaan seseorang, dimana kondisi ini memunculkan ketegangan fisik dan jiwa merasa terancam,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, bahwa stres muncul manakala seseorang terancam kesejahteraannya dan tidak tersedia respons yang memadai secara cepat dan tepat untuk mengurangi ancaman tersebut, seperti kondisi kejadian Covid-19 saat ini.

Oleh karena itu, agar tetap terus bisa berprestasi di era pandemi Covid-19 maka orang diharapkan untuk tetap berpikir positif. Selain itu, orang juga dituntut untuk fokus pada satu titik dan tidak melebar sampai kemana-mana.

“Karenanya harus bijak memilih informasi yang benar dan penting. Hindarkan informasi-informasi yang tidak penting, kemudian perbaiki komunikasi yang sinergis dan menyehatkan dan tentunya selalu memupuk semangat dan etos kerja,” pungkasnya. (*)

Editor: Rezkiana Np

Suheriadi

Recent Posts

Bikin Ngiler! Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden

Jakarta - Pada 20 Oktober 2024, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lengser dari jabatannya sebagai… Read More

16 mins ago

Bos BEI Harap Ada BUMN IPO di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan harapannya kepada pemerintah kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming… Read More

55 mins ago

Kadin Bentuk Asosiasi Keamanan Siber ADIKSI, Perkuat Ekosistem Digital di Indonesia

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meresmikan Asosiasi Digitalisasi dan Keamanan Siber Indonesia… Read More

1 hour ago

Bank Mega Syariah Umumkan Pemenang Program Berkah Berlimpah Mega Syariah Tahap Tiga

Jakarta – Bank Mega Syariah mengumumkan sebanyak 71 nasabah beruntung terpilih sebagai pemenang program Berkah Berlimpah Mega… Read More

2 hours ago

OJK Bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership, Perkuat Perasuransian di Asia

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan telah bergabung dengan Global Asia Insurance Partnership (GAIP)… Read More

3 hours ago

IHSG Kembali Dibuka Naik 0,44 Persen ke Level 7.769

Jakarta - Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:00 WIB, Jumat, 18 Oktober 2024, Indeks… Read More

3 hours ago