Pentingnya Menciptakan Kekebalan Kelompok

Pentingnya Menciptakan Kekebalan Kelompok

Jakarta – Untuk menciptakan masyarakat yang kebal dari penyakit menular tertentu dan terhindar dari wabah, penting untuk bisa menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity).

Kekebalan kelompok adalah kondisi ketika sebagian besar orang dalam suatu kelompok telah memiliki kekebalan terhadap penyakit infeksi tertentu.

Namun, bagaimana menciptakan populasi kebal terhadap penyakit menular tertentu? Mengutip situs satgas penanganan Covid19, Cara memastikan kekebalan kelompok dapat dicapai melalui imunisasi dengan cakupan yang tinggi dan merata.

Seperti diketahui, Imunisasi picu pembentukan kekebalan (imunitas) tubuh dengan 3 cara, yaitu dengan membuat tubuh virus/bakteri pembawa penyakit, sehingga tubuh memproduksi antibodi untuk melawan.

Disisi lain, kekebalan tubuh terbentuk karena tubuh akan mengingat si virus/bakteri pembawa penyakit dan cara melawannya, sehingga bisa bereaksi sebelum kita jatuh sakit.

Oleh sebab itu imunisasi penting agar kita, keluarga, dan masyarakat dapat terhindar dari penyakit menular. Imunisasi yaitu proses yang membuat tubuh manusia terlindung dari suatu penyakit melalui proses vaksinasi.

Kekebalan kelompok akan memberikan perlindungan tidak langsung bagi orang-orang yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut. (*)

Related Posts

News Update

Top News