Peringkat EoDB Membaik, Jadi Momentum Pemulihan Ekonomi

Peringkat EoDB Membaik, Jadi Momentum Pemulihan Ekonomi

INDEF : Evaluasi Paket Ekonomi, Memajukan Perekonomian
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo mengapresiasi pencapaian dunia usaha yang telah berhasil meningkatkan peringkat kemudahan berbisnis atau Ease of Doing Business (EoDB) Indonesia. Peringkat Indonesia saat ini berada di posisi 72 dari 190 negara yang disurvei Bank Dunia (World Bank). Seperti diketahui sebelumnya Indonesia hanya bertengger di posisi 91.

“Kita sambut baik kemajuan EoDB Indonesia. Kalau kita lihat EoDB tahun sebelumnya naik 18 poin, tahun ini naik 19 poin,” kata Agus pada acara Diskusi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dengan tema Prospek Ekonomi Indonesia 2018 di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis, 2 November 2017.

Dirinya menambahkan, momentum ini juga menunjukkan konsistensi perbaikan perekonomian nasional serta sebagai pemacu untuk meningkatkan peringkat pada tahun berikutnya.

“Kalau di capital market sudah lihat ada dua periode menunjukkan konsistensi perbaikan, itu kedepan sudah bisa diperkirakan akan bisa punya prestasi yang kurang lebih sama. Jadi ini adalah saatnya kita confidence, ekonominya ada di jalur yang betul menuju pemulihan ekonomi,” ungkap Agus.

Selain itu Agus menjelaskan, pemulihan ini juga dibarengi oleh terkendalinya inflasi serta indikator lain yang semakin memantapkan posisi Indonesia di kancah Internasional.

“Kemajuan pengelolaan inflasi, neraca pembayaran, neraca perdagangan dan indikator ekonomi yang lain itu memang kesempatan baik untuk perkuat momentum ekonomi Indonesia,” tukas Agus.(*)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]