Pengumuman BBM Non Subsidi Ditunda, Ini Tanggapan Erick Thohir

Pengumuman BBM Non Subsidi Ditunda, Ini Tanggapan Erick Thohir

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Menteri BUMN, Erick Thohir, menanggapi persoalan terkait dibatalkannya pengumuman penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) yang akan dilakukan oleh Pertamina.

“Satu, masalah BBM itukan ada aturan Kementerian bahwa pengumuman harga itu sebulan sekali tetapi kalau kita lihat pertamax itu tidak masuk dalam kategori subsidi,” ucap Erick dalam Konferensi Pers Awal Tahun di Jakarta, 2 Januari 2023.

Kemudian, ia melanjutkan bahwa pihaknya akan melakukan konsultasi terlebih dahulu agar Pertamax di Indonesia dapat diumumkan setiap minggu supaya sesuai dengan harga pasar.

“Jangan kita terjebak di birokrasi harga bensinnya turun aturannya belum keluar. Kalau kaya gitu kan enak, minggu depan harga sekian karena bbm dunia sekian,” imbuhnya.

Adapun, batalnya pengumuman tersebut untuk memastikan bahwa regulasi atau aturan yang terkait tersebut telah sesuai dengan payung hukum yang ada.

“Kenapa kemarin dibatalkan karena ingin memastikan tidak melanggar, nanti disangka Menteri BUMN ini main tabrak-tabrak aja, engga saya disiplin ada payung hukumnya,” ujar Erick.

Sebagai informasi, pengumuman terkait harga BBM non subsidi, seperti Pertamax, sebelumnya akan dilakukan pada 1 Januari 2023.

Pertamina sendiri terakhir kali melakukan penyesuaian harga BBM pada Desember 2022. Pertamina menaikkan harga BBM nonsubsidi jenis Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex.

Harga Pertamax Turbo naik dari Rp14.300 menjadi Rp15.500. Kemudian, harga Dexlite naik menjadi Rp18.300 dari sebelumnya Rp18.000 per liter dan Pertamina Dex naik menjadi Rp18.800 dari sebelumnya Rp18.550 per liter. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]