Penetrasi Transaksi Digital BRI Semakin Kuat Jangkau UMKM

Penetrasi Transaksi Digital BRI Semakin Kuat Jangkau UMKM

Jakarta – Penetrasi transaksi digital milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) semakin kuat menjangkau UMKM ditengah masih berlakunya Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di berbagai daerah.

Direktur Konsumer BRI Handayani menyampaikan, layanan digital miliknya kini mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan pelaku UMKM dengan jaringan yang luas.

“Akses layanan digital kita mendapat respon luar biasa dalam kurun waktu April hingga Mei. Penetrasi transaksi di segmen UMKM untuk on boarding digital platfrom di beberapa e-commerce yang dibantu BRI itu meningkat cukup signifikan,” kata Handayani pada diskusi Pekan UKM International di Jakarta, Rabu 11 Juni 2020.

Menurutnya, pandemi Covid-19 telah menimbulkan tekanan bagi bisnis UMKM. Oleh karena itu, BRI bersama dengan Pemerintah juga hadir melalui program restrukturisasi kredit serta penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang masih berlangsung.

Handayani menilai, peran seluruh pihak diperlukan dimasa pandemi seperti ini baik Pemerintah, regulator, pelaku perbankan dan pelaku usaha untuk bersama bangkit melawan perlambatan ekonomi akibat covid-19.

“Jadi kita lihat satu sisi ini pandemi menimbulkan tekanan kepada sektor UMKM dan direspon restrukturisasi di satu sisi Pemerintah mempercepat pemberian KUR bagi usaha mikro kemudian satu sisi BRI juga lakukan penyaluran Bansos ultra mikro semua menggunakan basis digital,” jelasnya.

Sebagai informasi saja, hingga akhir Mei 2020 BRI telah berhasil menyalurkan KUR senilai Rp47,4 triliun kepada lebih dari 1,7 juta pelaku UMKM atau setara 39,35% dari target yang telah ditetapkan. Tak hanya itu, sebagai upaya untuk tumbuh selektif, BRI juga terus melakukan restrukturisasi kredit terdampak COVID-19. Hingga akhir Mei, tercatat sebanyak 2,3 juta debitur segmen UMKM senilai Rp140,24 triliun telah direstrukturisasi. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

News Update

Top News