Penetrasi Industri Antar Makanan Online Dirediksi Meningkat 16,4%

Penetrasi Industri Antar Makanan Online Dirediksi Meningkat 16,4%

Penetrasi Industri Antar Makanan Online Dirediksi Meningkat 16,4%
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Survei yang dilakukan oleh Grab dan Euromonitor International menunjukkan potensi peningkatan penetrasi pengantaran makanan online hingga 16,4% pada 2025. Angka penjualan makanan siap saji secara keseluruhan di kawasan Asia Tenggara diproyeksikan akan mencapai US$170,5 miliar.

Russell Cohen, Group Managing Director for Operations Grab mengungkapkan, sebagian faktor yang mendorong hal ini adalah meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah dan jumlah adopsi smartphone di kota-kota Tingkat 2. Selain itu, kemudahan layanan pengantaran makanan juga menjadi alasan utama bagi meningkatnya penggunaan layanan pasca-pandemi.

“Mayoritas transaksi pesan-antar makanan online saat ini berasal dari kota-kota terbesar di Asia Tenggara. Dengan peningkatan infrastruktur dan konektivitas, kami percaya bahwa gelombang pertumbuhan berikutnya akan datang dari kota-kota kecil. Kami akan terus berinvestasi dalam teknologi untuk menurunkan keseluruhan biaya pengantaran dan biaya yang dikeluarkan untuk melayani konsumen, agar layanan pengantaran on-demand menjadi lebih terjangkau dan dapat diakses lebih banyak orang,” jelas Russel seperti dikutip 10 September 2021.

Kondisi pandemi COVID-19 memang mempercepat adopsi pengantaran makanan di Asia Tenggara. Pada periode Oktober 2020 hingga Maret 2021, 78% konsumen di kawasan Asia Tenggara telah menggunakan layanan pengantaran makanan setidaknya seminggu sekali atau lebih. Hampir 9 dari 10 konsumen (87%) juga akan terus menggunakan layanan pengantaran makanan ke depannya meskipun aturan pembatasan COVID-19 sudah dilonggarkan.

Selain itu, survei juga menemukan bahwa faktor utama yang mempengaruhi tingkat kepuasan layanan pesan-antar makanan adalah kecepatan pengantaran (51%), variasi pilihan makanan (45%), dan ketersediaan promosi (41%). (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]