Penanganan Covid-19 Pengaruhi Daya Saing Perekonomian RI

Penanganan Covid-19 Pengaruhi Daya Saing Perekonomian RI

LPS Perkirakan Perekonomian 2016 Tumbuh 5,3%
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Di tengah pandemi, Indonesia dituntut untuk turut bersaing dengan negara lain melalui pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional. Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Eisha Maghfiruha Rachbini mengungkapkan salah satu cara meningkatkan daya saing Indonesia adalah dengan penanganan Covid-19 yang mumpuni.

“Untuk meningkatkan daya saing Indonesia, pertama kita harus menyelesaikan permasalahan pandemi dengan memperbanyak dan memperluas jangkauan vaksinasi, sehingga kegiatan ekonomi bisa berjalan dan pertumbuhan ekonomi bisa tercipta,” ujar Eisha pada paparan virtualnya, Selasa, 10 Agustus 2021.

Eisha mengungkapkan, peningkatan produksi sektor bernilai tambah tinggi juga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang akan menambah daya saing Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan melakukan hilirisasi pada produk berbasis sumber daya alam.

Lalu, peningkatan industri berbasis ekspor menjadi cara lain untuk meningkatkan daya saing di kancah global. Pelibatan UMKM dan industri kecil yang menyusun 80% perekonomian Indonesia ke dalam ekspor akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara signifikan.

Dengan demikian, daya saing di tingkat global bisa meningkat dan Indonesia bisa menjadi salah satu pemimpin perekonomian di kawasan Asia bahkan dunia. (*)

Editor: Rezkiana Np

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]