Pemilik KoinWorks Akuisisi BPR Asri Cikupa Karya

Pemilik KoinWorks Akuisisi BPR Asri Cikupa Karya

Jakarta – Pendiri financial technology (fintech) peer to peer (p2p) lending KoinWorks, Benedicto Haryono dan Willy Arifin selaku Co-founder KoinWorks, mengakuisisi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Asri Cikupa Karya. Aksi ini membuat BPR Asri Cikupa Karya terafiliasi dengan KoinWorks.

Penandatanganan proses tersebut sebenarnya sudah resmi dilakukan pada September 2022 lalu. Langkah strategis ini ditempuh para pendiri KoinWorks untuk pengembangan bisnis KoinWorks jangka panjang, juga memperluas jangkauan pembiayaan KoinWorks dalam mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di masa depan. Strategi khusus ini juga akan semakin mendorong sinergi antara BPR dan perusahaan fintech di Indonesia.

“Afiliasi antara unit BPR kami dengan KoinWorks akan sangat membantu dalam menciptakan inovasi bagi BPR sehingga mempunyai peluang untuk tumbuh melalui partisipasinya di ekonomi digital,” kata Benedicto dalam keterangan resmi dikutip Jum’at, 27 Januari 2023.

Benedicto menegaskan, pihaknya akan segera meningkatkan permodalan BPR Asri Cikupa Karya. Targetnya, status BPR ini bisa naik dari BPRKU 1 menjadi BPRKU 3. Dengan penguatan modal, BPR Asri Cikupa Karya diharapkan bisa memberikan produk dan layanan yang lebih bervariasi, dan pada akhirnya bisa meningkatkan kontribusinya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sebagai langkah awal, afiliasi KoinWorks dan BPR Asri Cikupa Karya fokus dalam penyediaan produk deposito. Masyarakat dapat melakukan pembukaan rekening deposito secara langsung di kantor BPR Asri Cikupa Karya yang berlokasi di Kabupaten Tangerang, Banten, atau melalui aplikasi KoinWorks yang telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai funding agent.

Sepanjang bulan Januari 2023, nasabah yang menempatkan dana deposito sebesar Rp10 juta hingga Rp2 miliar dengan jangka waktu 1, 3, 6, dan 12 bulan, akan menerima bunga sebesar 6,25%, sesuai yang dijaminkan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Suku bunganya terbilang kompetitif dibandingkan bunga deposito yang ditawarkan bank umum.

Di samping itu, sinergi ini akan membantu KoinWorks mendapatkan pemahaman mendalam akan perilaku dan peran BPR dan nasabahnya dalam lanskap keuangan yang terdigitalisasi. Ini juga akan membantu BPR berinovasi.

Sebagai rencana lebih lanjut menyusul digitalisasi produk deposito BPR melalui afiliasi dengan KoinWorks, kedua perusahaan ini akan melanjutkan pengembangan best practices dalam mengintegrasikan sistem banking dengan fintech. Di masa mendatang, akan tercipta peluang pertumbuhan bisnis bagi kedua pihak melalui partisipasi di ekonomi digital. BPR juga akan memperoleh manfaat dari prinsip-prinsip modern yang penting untuk perkembangannya. (*) Ari Astriawan

Related Posts

News Update

Top News