Pemerintah Tetapkan Harga Vaksin Gotong Royong Rp500 Ribu Sekali Suntik

Pemerintah Tetapkan Harga Vaksin Gotong Royong Rp500 Ribu Sekali Suntik

Jakarta – Pemerintah akhirnya menetapkan besaran harga vaksin yang bakal digunakan dalam program vaksinasi gotong royong. Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto menyebut satu kali penyuntikan vaksin akan memakan biaya sebesar Rp500.000.

“Sudah ditetapkan harga vaksin Rp 375.000 per dosis, dan penyuntikan Rp 125.000. Sehingga totalnya Rp500.000,” jelas Airlangga pada keterangannya, 10 Mei 2021.

Pemerintah berharap program vaksinasi gotong royong bisa dilakukan sesegera mungkin. Apabila tidak ada halangan, rencananya program vaksinasi mandiri ini akan digelar pada akhir Mei nanti.

Apalagi, vaksin produksi Sinopharm yang bakal digunakan sudah menerima lampu hijau dan izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sehingga, keamanannya sudah terjamin.

Saat ini, kurang lebih ada sebanyak 500 ribu dosis vaksin Sinopharm yang siap digunakan untuk vaksinasi gotong royong. Jumlah tersebut masih terhitung sedikit karena pemerintah telah menyepakati kerja sama pengadaan vaksin Sinopharm sebanyak 7,5 juta dosis. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

News Update

Top News