Pemerintah Kejar Infrastuktur Komunikasi Guna Tingkatkan Inklusi Keuangan

Pemerintah Kejar Infrastuktur Komunikasi Guna Tingkatkan Inklusi Keuangan

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta- Pemerintah terus mengejar pencapaian indeks inklusi keuangan hingga mencapai 75% hingga tahun 2019 mendatang. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah ialah dengan membangun dan mengembangkan infrastruktur di bidang komunikasi guna semakin memudahkan masyarakat mengakses layanan keuangan.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengungkapkan, infrastuktur dibidang komunikasi sangat menunjang program inklusi keuangan pada masa mendatang.

“Kalau akses 4G sudah dapat diakses 50 persen dari wilayah Indonesia, ini akan bisa membantu program keuangan inklusi kita,” ungkap Agus setelah menghadiri Rapat Koordinasi Inklusi Keuangan di Kantor Kementrian Koordinator Perekonomian Jakarta, Kamis 4 Januari 2018.

Sementara ditemui di tempat yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengungkapkan, saat ini baru 42 .000 desa yang menikmati layanan 4G.

“Saat ini layanan 4G yang tersebar di pedesaan baru mencapai 50%. Atau sekitar 42 .000 desa yang menikmati layanan 4G. Sementara layanan 3G sebanyak 62.000 desa atau 75% dari total pedesaan,” jelas Rudiantara.

Pihaknya mengaku akan mengejar pembangunan Palapa Ring barat yang diperkirakan rampung kuartal pertama tahun ini. Dirinya juga optimis penyelesaian keseluruhan Palapa ring dapat selesai pada 2019 mendatang.

“Pertama kita selesaikan Palapa ring barat, nanti menyusul Palapa Ring Tengah. Kalau Palapa Ring Timur masih lama, karena memang di Papua itu masih banyak yang belum ada infrastrukturnya,” ungkap Rudiantara.

Dirinya berharap rampungnya program pemerintah tersebut dapat membantu meningkatkan angka inklusi keuangan secara langsung.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]