Pelonggaran Covid-19 di China Genjot Pariwisata dan Ekspor RI

Pelonggaran Covid-19 di China Genjot Pariwisata dan Ekspor RI

Neraca Perdagangan
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Kebijakan pelonggaran pandemi Covid-19 di China memberikan dampak positif terhadap perekonomian di Tanah Air, terutama di sektor pariwisata dan dari sisi ekspor.

Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro mengatakan, pelonggaran tersebut akan mendorong normalisasi aktivitas ekonomi di China. Sebagaimana peranan China juga berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia.

“Jadi peranannya besar, kalau kemudian mereka reopening, tentu saja berdampak positif ke ekonomi Indonesia,” kata Andry, Selasa, 24 Januari 2023.

Apalagi China merupakan tujuan utama ekspor Indonesia. Andry menyebutkan lebih dari 20% total ekspor Indonesia dikirim ke negara Tiongkok ini.

Selain itu, kebijakan pelonggaran tersebut akan berdampak positif ke sektor pariwisata. Hal ini karena Cina merupakan salah satu penyumbang wisatawan asing terbesar di Indonesia. Pada 2019 sebelum pandemi, lebih dari 2 juta wisatawan asal China masuk ke Indonesia atau mencakup 13% dari total wisman asing.

“Apalagi kemarin banyak turis China yang sudah datang ke Bali, jika kondisi aman maka hal ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Bali,” ujar dia. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]