Market Update

Pelaku Pasar Sambut Positif Kabinet Prabowo, IHSG Menguat ke Level 7.782

Jakarta – Pada pembukaan perdagangan pagi ini pukul 9:01 WIB, Senin, 21 Oktober 2024, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengawali pekan dengan dibuka menguat 0,30 persen ke level 7.782,95 dari dibuka pada level 7.760,19.

Berdasarkan statistik RTI Business pada perdagangan hari ini, sebanyak 738,60 juta saham diperdagangkan, dengan frekuensi perpindahan tangan sebanyak 38 ribu kali, serta total nilai transaksi mencapai Rp341,96 miliar. 

Kemudian, tercatat terdapat 99 saham terkoreksi, sebanyak 227 saham menguat dan sebanyak 224 saham tetap tidak berubah.

Baca juga: IHSG Diprediksi Menguat, Simak Rekomendasi Saham Pilihan Analis

Sebelumnya, Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih melihat IHSG secara teknikal pada hari ini diprediksi akan bergerak variatif dalam rentang level 7.670 hingga 7.800. 

“Pada perdagangan Jumat, 18 Oktober 2024, IHSG ditutup menguat plus 0,32 persen atau 25,02 poin ke level 7.760. IHSG hari ini diprediksi bergerak mixed dalam range 7.670-7.800,” ucap Ratih dalam risetnya di Jakarta, Senin, 21 Oktober 2024.

Ratih juga menyampaikan, para pelaku pasar merespons positif jelang peresmian pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran pada akhir pekan.

Selain itu, rincian susunan Kabinet Merah Putih periode 2024-2029 juga memberikan kepastian atas perekonomian Indonesia ke depan. 

“Pekan ini, pasar keuangan cenderung sepi sentimen hingga di akhir Oktober 2024. Namun, pelaku pasar dapat memerhatikan musim rilis laporan keuangan emiten periode kuartal III-2024,” imbuhnya.

Baca juga: Tak Ada Raffi Ahmad, Gus Miftah, Yovie Widianto dan Budiman Sudjatmiko di Daftar Kabinet Merah Putih, Ini Kata Bima Arya

Ia juga menambahkan, IHSG dalam sepekan berhasil menguat selama lima hari beruntun dengan akumulasi kenaikan hingga 3,18 persen, apresiasi IHSG diikuti oleh inflow investor asing di pasar ekuitas domestik senilai Rp1,21 triliun, Jumat, 18 Oktober 2024.

Lalu Indeks utama lainnya, seperti LQ45 dan IDX30 juga mengalami rebound masing-masing sebanyak 2,85 persen dan 2,97 persen.

Wall Street Menguat Terbatas

Adapun dari mancanegara, bursa Wall Street menguat terbatas pada akhir pekan. Pelaku pasar pekan ini berfokus pada rilis laporan keuangan Big Tech, seperti Tesla, Alphabet dan Apple.

Sementara dari Asia, Badan Pusat Statistik (BPS) Tiongkok melaporkan pertumbuhan ekonomi (PDB) tahunan pada kuartal III-24 tumbuh 4,6 persen. Meskipun turun dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 4,7 persen namun lebih tinggi dari ekspektasi pasar sebesar 4,5 persen. (*)

Editor: Yulian Saputra

Khoirifa Argisa Putri

Recent Posts

3 Tantangan Ekonomi Prabowo-Gibran Versi Pengusaha

Jakarta – Analis Kebijakan Ekonomi Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Ajib Hamdani menyatakan terdapat tiga tantangan mendasar secara… Read More

18 mins ago

Investor Wajib Tahu! Ini 3 Sentimen Krusial Sepekan ke Depan

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) meningkat signifikan dalam sepekan lalu pada periode 14-18… Read More

43 mins ago

Prabowo Lantik Luhut jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional

Jakarta – Presiden Prabowo Subianto melantik Mantan Menteri Koordinator Investasi dan Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menjadi Ketua… Read More

1 hour ago

Sah! Presiden Prabowo Lantik 48 Menteri Kabinet Merah Putih

Jakarta – Presiden RI Prabowo Subianto secara resmi melantik para menteri di Kabinet Merah Putih… Read More

1 hour ago

Kabinet “Obesitas”: Semoga Mampu Tutup Kebocoran yang Capai 60-70 Persen dan Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

Oleh: Eko B. Supriyanto, Pimpinan Redaksi Infobank SUSUNAN Kabinet Prabowo-Gibran sudah diumumkan. Nama-nama lama masih… Read More

2 hours ago

Dukung Perekonomian Lokal, Bank ICBC Indonesia Resmikan Branch Surabaya

Surabaya – Bank ICBC Indonesia, anak perusahaan ICBC Limited yang merupakan salah satu Bank terbesar… Read More

2 hours ago