Paus Fransiskus Tiba di Jakarta Hari Ini, Sejumlah Jalan Ditutup Sementara 

Paus Fransiskus Tiba di Jakarta Hari Ini, Sejumlah Jalan Ditutup Sementara 

Jakarta – Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus dijadwalkan akan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, pada Selasa (3/9), pukul 11.30 WIB. 

Kedatangan Kepala Negara Vatikan ke Indonesia itu, dalam rangka perjalanan apostolik selama periode 3-6 September 2024.

Dalam keterangan tertulis Panitia Perjalanan Bapa Suci Fransiscus, Paus diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 11.30 WIB.

“Selasa, 3 September, penyambutan resmi kedatangan Paus di Banda Internasional Soekarno-Hatta,” tulis keterangan panitia, seperti dinukil CNN, Selasa, 3 September 2024. 

Baca juga : Jokowi Terima Kunjungan Paus Fransiskus di Istana Negara, Cek Detail Agendanya

Selama di Indonesia, Paus Fransiskus akan melakukan sejumlah kegiatan seperti Misa Akbar di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) dan Indonesia Sustainability Forum (ISF) di Jakarta Convention Center (JCC), pada 5 September 2024 mendatang. 

“Tanggal 3, 4, 5, dan 6 ada kedatangan tamu negara yaitu Yang Mulia Paus Fransiskus, di mana tanggal 3 kedatangan, tanggal 4 adalah kegiatan kenegaraan diterima oleh Bapak Presiden, nanti detailnya Pak KPN yang menyampaikan,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dalam keterangan persnya, Senin, 26 Agustus 2024.

Untuk mengantisipasi kepadatan, Heru mengimbau masyarakat untuk memperhatikan pengalihan arus lalu lintas pada tanggal-tanggal penting tersebut.

Baca juga : Manajemen Pengelolaan Air jadi Fokus Pemerintah, Jokowi: Manfaat Nyata bagi Masyarakat

Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara (KPN) Andy Rachmianto menambahkan, selain Misa Akbar, terdapat kegiatan lain yang melibatkan Paus Fransiskus, termasuk kunjungan ke Masjid Istiqlal dan Gedung Katedral.

Rekayasa Lalu Lintas

Pihak kepolisian sendiri melakukan penutupan sejumlah ruas jalan dalam menyambut kedatangan Paus Fransiskus. Salah satunya, menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Ketika Paus sudah mendarat di bandara, jalur mulai dari Soekarno-Hatta, tol Sudiatmo, tol dalam kota, jalur Sudirman-Thamrin sampai dengan dubes Vatikan akan dilakukan clear, yaitu pada saat Paus mendekati sekitar radius 1 kilometer. Kita sudah lakukan clear daripada seluruh kendaraan yang ada,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman

Selain itu kata dia, saat menuju Istana Negara, Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, sejumlah ruas lalu lintas di sekitarnya juga akan dilakukan sterilisasi.

“Di Harmoni dan juga juga di Tugu Tani, kita akan lakukan rekayasa lalu lintas. Dan juga di Bundaran Patung Kuda kita juga akan melakukan rekayasa lalu lintas,” pungkasnya. (*)

Editor : Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News