Pasar Sambut Kenaikan Bunga BI yang Diprediksi Akan Mencapai Puncaknya

Pasar Sambut Kenaikan Bunga BI yang Diprediksi Akan Mencapai Puncaknya

Fundamental Kuat, Saham BTN Diburu Investor
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) periode Januari 2023 diprediksi akan menaikan suku bunganya sebesar 25 bps pada hari ini (19/1). Pasar diperkirakan akan menyambut kenaikan tersebut yang akan mencapai level puncaknya.

“Pasar diperkirakan menyambut kenaikan suku bunga acuan 25 bps yang akan diumumkan hari ini yang mengindikasikan bahwa suku bunga akan sebentar lagi mencapai level peaknya,” ucap tim riset Surya Fajar Sekuritas (SF Sekuritas) dalam risetnya, 19 Januari 2023.

Kemudian, SF Sekuritas juga melihat untuk hari ini sentimen pasar saham cenderung positif. Meskipun terjadi pelemahan di bursa global, pihaknya menyarankan agar memanfaatkan setiap momentum tekanan untuk melakukan pembelian. Kurs Rupiah kemarin juga melanjutkan penguatan meskipun di hari sebelumnya sempat melemah.

Untuk, IHSG membentuk spinning top pada area resistance memberikan peluang pergerakan yang cenderung berfluktuatif dengan potensi tekanan kembali terjadi. IHSG diperkirakan bergerak variative cenderung tertekan pada perdagangan hari ini dengan level support 6.700 dan resistance 6.830.

Bursa Amerika bergerak melemah pada perdagangan tadi malam (18/1). Pasar merespon negatif rilis angka penjualan ritel yang turun 1,1% mom, lebih buruk dari ekspektasi konsensus yang mengharapkan penurunan 0,8% mom. Selain itu pasar tertekan oleh kabar bahwa Microsoft akan melakukan pemutusan hubungan kepada 10 ribu karyawannya.

Masih dari bursa Amerika, turut merespon inflasi produsen yang turun 0,5% mom, lebih buruk dari konsensus yang mengharapkan penurunan 0,1% mom. Sementara itu bursa Eropa bergerak variatif pada perdagangan kemarin. Inggris merilis inflasi Desember yang sebesar 10,5% yoy turun dari 10,7% yoy di bulan November.

Sedangkan, bursa Asia bergerak menguat pada perdagangan kemarin. Pasar merespon positif kebijakan Bank Sentral Jepang yang mempertahankan suku bunga acuan minus 0,1% dan IHSG berakhir flat di zona merah pada perdagangan kemarin.

Adapun, untuk sektor CPO mengalami rally dengan BWPT menguat 8,1%, GZCO menguat 26,6%, AALI 0,9%, LSIP menguat 2,0%, DSNG menguat 2,3%. Properti juga mengalami penguatan dengan CTRA memimpin penguatan 2,3%, BSDE menguat 1,1%, SMRA menguat 0,9%, APLN menguat 0,7% dan PWON menguat 0,5%. Sementara sektor semen dan metal bertahan melemah pada perdagangan kemarin. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]