Pasang Panel Surya, Impack Pratama Turunkan Emisi Karbon 4.783 MT per Tahun

Pasang Panel Surya, Impack Pratama Turunkan Emisi Karbon 4.783 MT per Tahun

Saham GOTO Pasar Modal Laba Samudera Indonesia
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC), produsen bahan bangunan, bekerja sama dengan PT Surya Utama Nuansa (SUN Energy), akan  melakukan pemasangan panel surya di pabrik lokasi Trembesi Delta Silicon 2, Lippo Cikarang, Jawa Barat, dengan kapasitas sampai dengan 4.473 KWp.

Instalasi panel surya di pabrik terbesar Perseroan ini, merupakan tahapan kedua dari program pengurangan emisi karbon yang telah dicanangkan Perseroan sejak tahun 2020. Sebelumnya Perseroan telah memasang instalasi panel surya di pabrik lokasi Hyundai, Lippo Cikarang dengan kapasitas 200 KWp. Tidak ketinggalan, distribution center baru Perseroan yang berlokasi di Surabaya akan dipasang panel surya pula dengan kapasitas 30 KWp.

“Bilamana pemasangan panel surya di ketiga lokasi ini telah terlaksana seluruhnya, kami mengestimasi penurunan emisi CO2 sampai 4.783 metric ton per tahun, seiring dengan penghematan biaya listrik sebesar Rp1,1 Miliar per tahun,” kata Direktur Utama Perseroan Haryanto Tjiptodihardjo si Jakarta, Kamis, 10 Febuari 2022.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama SUN Energy, Roy Wijaya, mengatakan sebagai pengembang proyek sistem tenaga surya nomer satu di Indonesia, SUN Energy menyambut baik kerjasama jangka panjang dengan PT Impack Pratama Industri Tbk untuk meningkatkan penggunaan porsi energi baru dan terbarukan di fasilitas operasional.

“Kami berharap, aksi nyata mengurangi dampak perubahan iklim ini secara khusus bisa diimplementasi oleh seluruh pelaku yang terlibat dalam rantai pasokan PT Impack Pratama Industri Tbk, serta menjadi contoh kepada para pelaku industri di berbagai sektor,” terangnya.

Perseroan senantiasa berkomitmen mewujudkan dan meningkatkan ESG scoring yang berkaitan dengan kegiatan bisnis Perseroan.

“Sebagai perusahaan manufaktur, tentu Perseroan perlu memikirkan dan berkontribusi dalam penurunan emisi karbon bagi lingkungan sekitar. Untuk itu, kami bertekad akan meneruskan upaya instalasi panel surya ini pada setiap fasilitas pabrik dan gudang distribusi kami yang akan datang,”pungkas Haryanto.

Selain komitmen terhadap pengurangan emisi karbon, Perseroan selama ini konsisten menjalankan program-program keberlanjutan, salah satunya dalam bentuk inovasi produk atap ramah lingkungan yang menggunakan material PET maupun pionir dalam produk alat pengering Solar Dryer Dome di Indonesia yang berkontribusi pada pengurangan emisi gas rumah kaca dan ketahanan pangan masyarakat desa tertinggal.

Upaya ini mendapatkan apresiasi dan menghantarkan Perseroan memperoleh penghargaan Outstanding Best Practices untuk program “Harvest the Power of the Sun: Harnessing the Power of Solar Technology for Sustainable Agriculture” di ajang Global Corporate Sustainability Award yang diadakan di Taiwan 17 November 2021 lalu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]