Pandemi Bukan Halangan Bagi PLN Lakukan Transformasi Digital

Pandemi Bukan Halangan Bagi PLN Lakukan Transformasi Digital

Pandemi Bukan Halangan Bagi PLN Lakukan Transformasi Digital
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Pandemi Covid-19 yang telah berjalan selama lebih dari dua tahun, tidak menghalangi Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo dalam menyukseskan transformasi digital kelistrikan nasional.

Selain itu, PLN juga telah sukses melakukan inovasi dan efisiensi dengan memanfaatkan digitalisasi. Proses inovasi tersebut dilakukan di berbagai aspek, seperti pembangkit, transmisi dan distribusi.

Dengan inovasi yang didukung digitalisasi tersebut, pada sistem pelayanan kepada para pelanggan menjadi lebih cepat, untuk sistem keuangan dan pengadaan menjadi lebih efisien, dan sistem operasional kelistrikan menjadi lebih andal.

Salah satu hasil transformasi tersebut dapat dilihat dari pengguna PLN Mobile yang tumbuh menjadi 29 juta pengguna selama dua tahun terakhir yang sebelumnya hanya sekitar puluhan ribu.

Oleh karena itu, saat ini, PLN Mobile menjadi salah satu aplikasi terbaik di Asia Tenggara dengan rating yang meningkat dari 2,5 menjadi 4,8.

Tidak hanya itu, para pelanggan juga merasakan kepuasan atas peningkatan kualitas pelayanan listrik PLN selama masa pandemi yang ditunjukan melalui hasil survei Rakyat Merdeka dengan Society of Renewable Energy (SRE).

Hasil dari transformasi lainnya adalah PLN juga mengalami peningkatan kinerja keuangan di 2021 ditunjukan oleh pendapatan penjualan dan earning before interest tax, depreciation, and amortization (EBITDA) yang mengalami pertumbuhan.

Dengan beberapa aksi transformasi yang telah sukses dilakukan tersebut, telah menjadikan Darmawan sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional dalam Rakyat Merdeka Award 2022. (*) Khoirifa

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]