Optimalisasi Sinergi, BUMN dan Swasta Bakal Cetak Blueprint, Apa Manfaatnya?

Optimalisasi Sinergi, BUMN dan Swasta Bakal Cetak Blueprint, Apa Manfaatnya?

Jakarta – Tindak lanjut dari optimalisasi sinergi BUMN bersama Swasta ke depannya akan segera menyusun blueprint atau kerangka kerja terperinci untuk membentuk kebijakan terkait peran-peran apa saja yang mendorong kolaborasi antar keduanya.

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo, menyatakan bahwa, blueprint tersebut akan berfokus kepada empat sektor, diantaranya terkait dengan infrastruktur untuk Ibu Kota Nusantara (IKN), transisi energi, kesehatan, hingga perbankan.

“Nanti empat sektor ini akan kita petakan peran BUMN apa peran swasta apa, nanti kita lihat lima tahun ke depan kira-kira dimana peluang tersebut diciptakan,” ucap Tiko sapaan akrabnya kepada media di Jakarta, 14 Agustus 2023.

Baca juga: Menuju Indonesia Emas, Erick Thohir Dorong Sinergi BUMN dan Swasta Genjot Ekonomi Inklusif

Kemudian, Tiko juga menjelaskan bahwa dalam blueprint tersebut nantinya turut mengupas bagaimana peran-peran BUMN maupun Swasta, serta seperti apa model bisnis yang akan dibentuk dalam mendorong sinergi tersebut.

“Sebagai contoh transisi energi peluang untuk pembangkit tenaga matahari maupun juga winsolar, gimana peran PLN, apa swasta dan model bisnisnya seperti apa, nanti kita akan petakan supaya di setiap sektor nanti akan ada peluang BUMN yang dicreate untuk swasta kemudian berkolaborasi,” imbuhnya.

Adapun, Tiko menyebutkan penyusunan dan implementasi blueprint tersebut akan terbit dalam dua bulan ke depan dengan melibatkan Kementerian BUMN bersama Kadin Indonesia.

“Terus nanti kita juga akan purpose kebijakan-kebijakan ke Pemerintah yang pro bisnis dan bisa membangun kolaborasi antara BUMN dan swasta,” ujar Tiko. (*)

Related Posts

News Update

Top News