OJK Optimistis NPL UMKM Terjaga hingga Akhir Tahun

OJK Optimistis NPL UMKM Terjaga hingga Akhir Tahun

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) optimis rasio Non Performing Loan (NPL) atau kredit bermasalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) akan tetap terjaga di akhir 2024.

Tercatat hingga Juni 2024, NPL gross UMKM sebesar 4,04 persen, tercatat sudah menurun dibandingkan dengan Mei 2024 sebesar 4,27 persen.

Selain itu, LAR kredit UMKM terus mengalami tren penurunan, yaitu menjadi sebesar 13,50 persen pada Juni 2024, dibandingkan Mei 2024 sebesar 13,83 persen. Ini sudah semakin mendekati level sebelum pandemi pada Desember 2019 yag berada di level 12,74 persen. 

Baca juga: Begini Jurus BRI Kelola NPL UMKM Tetap Rendah

“NPL gross UMKM pada Juni 2024 sebesar 4,04 persen, tercatat sudah menurun dibandingkan dengan bulan Mei 2024 sebesar 4,27 persen, meskipun masih tergolong meningkat secara tahunan (yoy),” ujar Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae dalam jawaban tertulis, dikutip, Senin 12 Agustus 2024.

Meski demikian, tambah Dian, risiko inheren kredit UMKM memang lebih tinggi dibandingkan kredit korporasi maupun rumah tangga. Ini dikarekankan bisnis UMKM yang lebih sensitif terhadap perubahan kondisi ekonomi dan daya beli masyakarat.

Selain itu, pertumbuhan kredit UMKM yang mengalami perlambatan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, serta berakhirnya relaksasi restrukturisasi kredit terkait pandemi Covid-19, menyebabkan rasio NPL kredit UMKM mengalami peningkatan.

Baca juga: NPL Kredit UMKM Melonjak Pasca Restrukturisasi Berakhir, Begini Kata OJK

Namun demikian, peningkatan NPL pada kredit UMKM telah dapat diprediksi sebelumnya dan sudah dimitigasi oleh bank melalui pembentukan cadangan yang cukup, sehingga tingkat rasio NPL UMKM masih tergolong dalam acceptable level.

“Hal ini mengindikasikan bahwa ke depannya kualitas kredit UMKM akan tetap terjaga bahkan membaik, tentunya dengan dukungan dari berbagai pihak,” jelas Dian. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News