Nasabah Milenial Prudential Capai 43% di Kuartal I-2023, Ternyata Ini Pendorongnya

Nasabah Milenial Prudential Capai 43% di Kuartal I-2023, Ternyata Ini Pendorongnya

Jakarta – Kesadaran generasi milenial dan gen z terhadap asuransi kini terus tumbuh. Ini tercermin dari profil nasabah Prudential Indonesia. Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, pertumbuhan nasabah milenial dan gen z naik signifikan.

Dian Budiman Chief Operations & Health Officer Prudential Life Assurance mengatakan, selama dua tahun terakhir (2022-2023), nasabah yang datang dari kalangan generasi milenial dan gen z mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan.

“Kalau dilihat dari data Prudential pada 2022, nasabah generasi gen z itu tumbuh 28% dibanding dengan tahun sebelumnya,” ungkap Dian dalam acara Infobank TV Literacy Series Talkshow Merencanakan Masa Depan Dengan Asuransi dan Perbankan, Selasa, 25 Juli 2023.

Baca juga: Genjot Premi, Allianz Life Indonesia Andalkan Agen Milenial dan Digitalisasi

Pun demikian dengan nasabah generasi milenial. Meski kenaikannya tak siginifikan seperti generasi gen z pada 2022, kata Dian, kenaikan nasabah generasi milenial dinilainya cukup stabil dari tahun ke tahun.

“Kalau kita lihat total populasi nasabah Prudential Indonesia di kuartal I-2023, ternyata milenial-nya banyak mencapai 43%. Kalau gen z-nya tumbuh 3%. Semoga ini bisa meningkatkan kesadaran kaum muda nih punya proteksi buat mereka, keluarga, dan untuk merencanakan masa depan,” ujar Dian.

Menurut Dian, pertumbuhan nasabah milenial dan gen z ini memang tak lepas dari tingkat literasi keuangan yang terus membaik. Terutama pada saat pandemi, di mana kesadaran orang terhadap asuransi meningkat.

“Kalau kita lihat dari survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2022, literasi naik signifikan. Jadi, yang sebelum pandemi itu hanya 19% literasinya, setelah 2022 naik jadi 30%. Senang lihat literasinya meningkat,” ujar Dian.

Literasi keuangan menjadi hal yang sangat penting dalam mendorong kesadaran pentingnya asuransi bagi kaum milenial dan gen z.

Hal itu disadari betul oleh Prudential Indonesia. Mereka menilai bahwa generasi milenial dan gen z haus akan informasi dan sangat kritis dalam mencari informasi.

Baca juga: Mewujudkan Milenial Miliki Hunian Lebih Dini

Literasi Keuangan Lewat Aplikasi Pulse

Oleh karenanya, untuk memudahkan kaum milenial dan gen z mencari informasi, Prudential Indonesia menghadirkan aplikasi Pulse. Aplikasi ini bertujuan memudahkan masyarakat terutama generasi muda yang membutuhkan pelayanan-pelayanan asuransi Prudential.

“Dalam kehidupan kaum milenial kan identiknya dengan digital, makanya sejak 2020 lalu kami hadirkan aplikasi digital. Informasi dengan mudah didapatkan. Selain bisa beli produk, cara klaim asuransi juga bisa lewat aplikasi. Jadi klaim lebih gampang. Jangan takut ribet,” tutup Dian. (*)

Related Posts

News Update

Top News