Multipolar Technology Hadirkan Solusi Tingkatkan Efisiensi Bisnis dan Kepuasan Pelanggan

Multipolar Technology Hadirkan Solusi Tingkatkan Efisiensi Bisnis dan Kepuasan Pelanggan

Jakarta – Pertumbuhan data digital yang eksponensial telah mengubah lanskap bisnis. Setiap harinya, perusahaan menghasilkan begitu banyak informasi berupa data dalam bentuk event dari berbagai aktivitas pelanggan, seperti klik website, transaksi online, dan interaksi dengan aplikasi.

Data ini menyimpan potensi besar untuk dapat mengenal pelanggan lebih personal, meningkatkan pengalaman pengguna, dan mendorong pertumbuhan bisnis. Untuk itu, dibutuhkan solusi yang mampu mengelola seluruh event secara efisien demi meningkatkan kepuasan pelanggan dan pada akhirnya memaksimalkan potensi pendapatan perusahaan.

“Bayangkan saat pelanggan mencari tiket penerbangan, dengan pengelolaan event yang tepat, maka perusahaan e-commerce dapat memaksimalkan potensi penjualan melalui rekomendasi hotel dan destinasi terdekat atau fasilitas populer lainnya di daerah yang dituju lengkap dengan promonya,” ungkap Jip Ivan, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk dalam seminar Revolutionizing Business Insights with Event Automation yang digelar di Grand Hyatt Jakarta, baru-baru ini.

Contoh lainnya, penyedia streaming musik digital yang dapat memberikan rekomendasi musik yang lebih personal dan relevan, dengan memantau aktivitas pengguna secara real-time seperti lagu yang didengarkan, di-skip, atau ditambahkan ke playlist.

Di sektor perbankan, dapat mendeteksi aktivitas mencurigakan dan memantau transaksi secara real-time guna mencegah penipuan, dan memberikan notifikasi instan kepada pelanggan terkait aktivitas perbankan yang dilakukan.

“Jadi, harus dipahami bahwa yang dimaksud event di sini adalah tindakan, aktivitas, atau kejadian yang dapat dideteksi dan direkam dalam sebuah sistem. Ini bisa berupa tindakan pengguna, perubahan data, atau kejadian eksternal yang berdampak pada sistem tersebut. Kita harus bisa memanfaatkan data yang dihasilkan dari event ini untuk membuat sistem lebih cerdas, responsif, efisien, dan itu membutuhkan solusi yang tepat,” jelas Jip Ivan.

Baca juga: 50 Persen UMKM RI Manfaatkan Teknologi Digital, Untuk Apa Saja?

Solusi IBM Event Automation

Solusi tepat untuk menangani banyaknya event yang terus mengalir adalah IBM Event Automation. Elen, Department Head Middleware Cloud Platform Multipolar Technology, menjelaskan, IBM Event Automation merupakan solusi berbasis event-driven yang membantu perusahaan mendeteksi situasi secara real-time, mengambil tindakan, dan mengotomatisasi proses bisnis demi memaksimalkan pendapatan.

Solusi IBM Event Automation mengintegrasikan teknologi open-source seperti Apache Kafka dan Apache Flink untuk memproses dan menganalisis data secara real-time.

“Solusi ini memiliki beberapa fitur utama, antara lain membangun dan menguji alur pemrosesan stream secara instan dengan antarmuka low-code menggunakan Apache Flink,” jelas Elen.

Lalu, kata Elen, memungkinkan perusahaan mendeteksi skenario bisnis penting dan meresponsnya secara real-time, mengotomatisasi tindakan berdasarkan event yang terdeteksi untuk meningkatkan respons dan efisiensi operasional.

mendukung berbagai sumber event dan dapat diintegrasikan dengan infrastruktur yang sudah ada tanpa terkunci pada vendor tertentu, serta memberikan akses mandiri yang aman kepada tim di seluruh perusahaan sambil mempertahankan kontrol dan tata kelola.

“Dengan IBM Event Automation, perusahaan dapat menyuguhkan layanan secara lebih cepat, lebih personal, dan lebih kompetitif, sehingga dalam jangka panjang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan yang bermuara pada kenaikan pendapatan,” ungkap Elen.

Di dalam IBM Event Automation terdapat IBM Event Streams, solusi streaming data untuk mendukung aplikasi yang membutuhkan pemrosesan data secara real-time.

Event Streams dibangun di atas Apache Kafka yang dikelola sepenuhnya menggunakan teknologi container dan dapat diimplementasikan secara on-premise sebagai bagian dari IBM Event Automation.

Baca juga: Seberapa Penting Marketing Teknologi bagi Perusahaan? Ini Jawabannya

Elen menambahkan, IBM Event Streams memiliki beberapa keunggulan, di antaranya memiliki antarmuka yang sederhana untuk mengelola dan memantau kluster Kafka, fitur keamanan dan privasi data yang ketat, mendukung penskalaan otomatis, menawarkan arsitektur multi-zona dan fitur pemulihan bencana, serta mendukung berbagai aplikasi dan sumber data eksternal.

Pemanfaatan IBM Event Streams dapat membantu perusahaan membangun aplikasi yang responsif dan adaptif, dengan memanfaatkan data secara real-time untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan efisiensi operasional.

Lantas, demi mendukung tersedianya data yang akurat, dapat dilengkapi dengan solusi IBM InfoSphere Data Replication.

Sementara, Fajar Try Putra, Solutions Specialist Multipolar Technology, mengatakan, IBM InfoSphere Data Replication dapat menjawab tantangan semakin sulitnya proses update dan replikasi data yang dipicu oleh pertumbuhan data yang kian masif.

Solusi ini berfungsi untuk menyediakan data atas event yang ada secara akurat dan cepat, mengintegrasikan data dari semua platform dan basis data, yang pengimplementasiannya tidak perlu menghentikan proses bisnis.

“Kombinasi solusi IBM Event Streams dan IBM InfoSphere Data Replication tentunya amat mendukung perusahaan agar makin kompetitif dan relevan di pasar,” pungkas Jip Ivan. (*)

Related Posts

News Update

Top News