MUFG dan Danamon Comblangi Start-Up Lokal dan Investor Regional

MUFG dan Danamon Comblangi Start-Up Lokal dan Investor Regional

Jakarta – MUFG Bank, Ltd. (MUFG) dan PT Bank Danamon Indonesia. Tbk. (Danamon) hari ini menggelar sesi Investment Matching yang dihadiri sekitar 115 nasabah, 150 start-up, dan tiga entitas pembiayaan milik MUFG. Sesi ini untuk memberikan akses bagi usaha rintisan (start-up) lokal untuk menjangkau investor regional.
 
Sesi Investment Matching merupakan bagian dari Forum Business and Investment Matching Fair yang diselenggarakan oleh MUFG dan Danamon. Sesi Business Matching secara daring telah diadakan pada 22 dan 24 Februari 2023. Sedangkan sesi Investment Matching digelar secara tatap muka hari ini.
 
“Sejak digelar tahun 2019, ini untuk kali pertama kita menggelar sesi Investment Matching,” ujar Yasushi Itagaki, Direktur Utama Bank Danamon, yang didampingi Kazushige Nakajima, Executive Officer/Country Head of Indonesia MUFG, dan Wadirut Danamon Honggo Widjojo Kangmasto, kepada wartawan di Jakarta, Senin, 27 Februari 2023.
 
Sesi Investment Matching ini didukung oleh tiga unit investasi MUFG, yakni MUIP (MUFG Innovation Partners), KFIN (Krungsri Finnovate), dan MARS Capital. “Ketiga unit investasi ini bertemu dengan para start-up Indonesia untuk memberikan wawasan bisnis,” kata Yasushi.
 
Business Matching Fair yang diadakan setiap tahun, kata Yasushi, merupakan platform yang memungkinkan MUFG dan Danamon untuk menghubungkan nasabah kedua bank bertemu dan berjejaring, bertukar wawasan bisnis, menjajaki peluang kolaborasi, dan pada akhirnya diharapkan dapat berujung pada kesepakatan bisnis.
 
Forum ini merupakan kelanjutan dari penempatan dana sebesar 100 juta dolar AS atau sekitar Rp1,5 triliun untuk pendirian modal ventura yang berfokus di Indonesia yang diluncurkan akhir Januari 2023 lalu. Perusahaan modal ventrura tersebut diberi nama MUFG Innovation Garuda No 1 Limited Investment Partnership atau Garuda Fund.
 
NILAI TAMBAH
 
Yasushi berharap, Forum Business and Investment Matching Fair ini memberikan nilai tambah bagi seluruh nasabah Danamon dalam ekosistem MUFG. “Kami berharap para nasabah kami akan memperoleh manfaat melalui kesempatan terhubung dengan jaringan MUFG yang terdiri dari perusahaan Jepang dan Asia,” ujar Yasushi.
 
Selain itu, kata dia, Investment Matching Fair untuk para start-up diharapkan menjadi pembuka mata dan ajang pertemuan dengan perusahaan-perusahaan menjanjikan yang dapat bekerja sama dengan Danamon di masa mendatang.
 
Menurut Yasushi, agenda Business Matching serupa juga diadakan di negara lain oleh mitra strategis MUFG lainnya, yakni Krungsri (Bank of Ayudhya) di Thailand dan Security Bank di Filipina. “Acara ini dapat memberikan kesempatan bagi nasabah Danamon untuk membangun koneksi bisnis dengan nasabah anak perusahaan MUFG dan mitra bank, serta korporasi di Jepang,” katanya.
 
Menurut Kazushige Nakajima, acara ini penting bagi MUFG dan Danamon karena mencakup dan memenuhi kebutuhan kedua sisi supply-demand chain dalam ekosistem MUFG. Bersama dengan Danamon dan mitra investment fund MUFG, dia berharap dapat terhubung dengan start-up Indonesia dan mengeksplorasi ide-ide baru untuk berkolaborasi dan membantu dunia usaha untuk mengambil langkah menuju pertumbuhan yang berkelanjutan.
 
“Business and Investment Matching Fair tahun ini bertujuan untuk menegaskan kembali komitmen kami, yakni tidak hanya mendukung dimulainya kembali geliat bisnis di sektor-sektor utama pasca pandemi, tetapi juga menyoroti kancah start-up yang menjanjikan di Indonesia,” ujar Kazushige .
 
BANGUN BASIS
 
Menurut Honggo Widjojo Kangmasto, Danamon dan MUFG telah membangun basis yang kuat untuk mendukung investasi strategis di industri start-up digital Indonesia yang sangat kompetitif. Sebagai investor jangka panjang di Indonesia, MUFG menyediakan ekosistem yang memungkinkan Danamon menjalin kolaborasi antara investor strategis dan start-up dengan skala bisnis dan kapabilitas digital.
 
Kolaborasi ini, kata dia, memungkinkan Danamon untuk memperkuat penawaran produk, mengamankan akses ke basis nasabah yang lebih beragam, dan menumbuhkan industri keuangan melalui inovasi digital.
 
“Kami berharap para nasabah kami dapat memperoleh manfaat dari acara hari ini dan terus mempercayai Danamon sebagai mitra bank pilihan untuk membantu mereka memegang kendali atas kebutuhan dan tujuan keuangan mereka,” ujar Honggo. (Darto Wiryosukarto)

Related Posts

News Update

Top News