Momen Jokowi Berhenti Mendadak Cek Jalan Rusak di Lampung Selatan

Momen Jokowi Berhenti Mendadak Cek Jalan Rusak di Lampung Selatan

Jakarta – Ada momen menarik dalam kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Provinsi Lampung, pada Kamis, 11 Juli 2024. Dalam perjalanannya dari RSUD Dr. H. Bob Bazar menuju Desa Bandan Hurip, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, rangkaian kendaraan Jokowi sempat berhenti. 

Jokowi yang tengah duduk semobil dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendadak turun dan mengecek langsung jalan rusak yang dilewatinya.

Eks Gubernur Jakarta itu tampak memanggil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan menyampaikan sejumlah arahan. 

Baca juga: Jokowi Resmi Berhentikan Tidak Hormat Ketua KPU Hasyim Asy’ari Buntut Kasus Asusila

Menteri Basuki pun tampak mencatat arahan-arahan Presiden Jokowi melalui sebuah notes.

Ditemui oleh awak media usai meninjau pompanisasi di Desa Bandan Hurip, Kabupaten Lampung Selatan, Presiden Jokowi menjelaskan peristiwa tersebut. Jalan yang dilalui rombongan adalah Jalan Raya Palas Sukaraja.

“Oh ngecek jalan tadi. Jalannya kan tadi lubang-lubang, banyak yang rusak sehingga saya tadi langsung perintah ke Pak Menteri PU,” bebernya, dikutip laman setkab.go.id, Jumat, 12 Juli 2024.

Infrastruktur Lampung

Infrastruktur jalan di Lampung memang belum sepenuhnya mulus. Kondisi ini membuat beberapa selebgram, Tiktoker dan youtuber Lampung kerap menyuarakan kritik soal beberapa jalanan yang rusak parah.

Salah satunya, aksi seorang TikToker Bima Yudho Saputro yang viral mengkritik pemerintah setempat karena kerusakan jalan dan aneka masalah lainnya.

Usai mengkritik, Bima pun sempat dilaporkan ke Polda Lampung. Namun Polda Lampung kala itu menghentikan laporan tersebut.

Baca juga : Jokowi Sidak Jalan Rusak di Lampung, Netizen: Ada yang Ketar-Ketir

Imbas kritikan Bima, pada akhirnya sejumlah jalan rusak di provinsi Lampung diperbaiki. Bahkan, Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan jalan rusak tersebut.

Kala itu, Jokowi meninjau preservasi rekonstruksi jalan rusak di Lampung, tepatnya ruas Simpang Randu-Seputih Surabaya yang terletak di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, pada Jumat (27/10/2023).

Dalam peninjauan jalan rusak di Lampung tersebut, Jokowi ingin memastikan rekonstruksi jalan daerah yang mengalami kerusakan telah berjalan.

“Hari ini saya ingin memastikan bahwa apa yang saya lihat lima bulan yang lalu semuanya sudah berjalan. Dan memang belum selesai 100 persen baru kira-kira 60 sampai 70 persen. Ada yang 70 persen, ada yang 60 persen,” kata Jokowi, dikutip jumat (27/10). (*)

Editor : Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News