Mirror Glazed Cake, Ide Tepat untuk Kembangkan Bisnis Kue!

Mirror Glazed Cake, Ide Tepat untuk Kembangkan Bisnis Kue!

Jakarta – Tren gaya kue selalu berubah di kalangan konsumen. Kamu yang memiliki bisnis dalam bidang cake harus mengikuti permintaan pasar yang ada. Kini, pengembangan bisnis dapat dilakukan melalui kredit tanpa agunan dengan proses yang cepat.

Saat ini, mirror glazed cake sedang menjadi primadona dan banyak dicari. Tampilannya yang cantik dan aneka motif yang ada memang memanjakan mata. Perlu diketahui, pembuatan mirror glazed cake membutuhkan kesabaran dan kreativitas tinggi untuk mewujudkan corak yang menarik.

Kue cantik ini dapat menjadi ide pengembangan bisnis agar terus bersaing di pasaran. Oleh karena itu, mari simak beberapa informasi dan tips pengembangan bisnis pada tulisan kali ini!

Kembangkan Bisnis dengan Kredit tanpa Agunan

Berdasarkan laman Universitas Ciputra Creating World Class Entrepreneurs, mirror glazed merupakan salah satu teknik dekorasi kue menggunakan glazed, yaitu lapisan coklat yang glossy atau mengkilap. Dekorasi ini memiliki ciri khas tampilan yang clean, mewah, dan cantik.

Baca juga: Simak! Ini 3 Tips Sukses Kelola Keuangan dan Kembangkan Bisnis UMKM

Penampilan dari mirror glazed cake sangat eye catching dan permukaan kue ini dapat memantulkan cahaya dan benda sekitar sesuai namanya. Selain itu, warna lapisan glazed dapat dikreasikan sedemikian rupa membentuk pola unik yang menarik seperti marble, gradasi warna, dan sebagainya.

Basic kue yang digunakan dalam pembuatan cake ini yaitu mousse cake atau entremets. Tidak hanya soal penampilan, mirror glazed cake juga harus dibuat dengan memperhatikan rasa. Berkembang di Eropa dan Rusia, rasa kue ini cukup light atau manis.

Kue ini juga dibuat dalam beberapa lapisan selain glazed dan mousse cake. Contohnya seperti buah-buahan, spread crunchy, hingga bolu. Dengan begitu, mirror glazed cake menyajikan berbagai tekstur dan rasa dalam sekali gigit.

Tips Penting dalam Pembuatan Mirror Glazed Cake

Pada umumnya, pembuatan kue ini tidak jauh berbeda dari cake seperti biasanya. Namun, terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan untuk memiliki mirror glazed cake yang sempurna.

Lantas, apa saja tips yang perlu diperhatikan saat pembuatan kue ini? Catat informasi di bawah ini untuk pengembangan bisnis kamu, ya!

1. Pembuatan Glazed

Pembuatan glazed harus dilakukan dengan benar. Cokelat dan susu kental manis adalah bahan yang paling penting dalam pembuatan adonan glazed.

Langkah pertama, blooming gelatin dalam air. Setelah itu, panaskan gula, sirup glukosa, dan air hingga mendidih. Jika step tersebut selesai, tuangkan campuran yang telah mendidih di atas susu kental manis dan cokelat. 

Baca juga: Intip 10 Gurita Bisnis Gibran, Putra Sulung Jokowi yang Berpeluang jadi Cawapres

Setelah itu, masukkan gelatin dan campurkan hingga merata. Selanjutnya, adonan glazed ini di emulsifier menggunakan hand blender. Terakhir, kamu bisa mencampur pewarna dan glazed siap digunakan.

2. Perhatikan Suhu Glazed dan Kue

Suhu glazed harus diperhatikan saat pembuatan hingga penyimpanannya. Jika proses pembuatan adonan ini tidak mendidih, glazed memiliki lapisan yang terlalu tipis. 

Saat dituangkan, pastikan juga suhu tidak terlalu panas karena membuat lapisan atas kue meleleh dan bercampur dengan glazed. Jika terlalu dingin, glazed juga akan mengental dan sulit dituang serta dikreasikan untuk membentuk pola. Umumnya, suhu yang disarankan berkisar pada 35 celcius.

Mengutip sajiansedap.grid.id, kue juga harus dalam keadaan beku saat glazed dituangkan. Mengapa demikian? Hal ini berperan penting agar lapisan glazed menempel dengan baik. Oleh karena itu, proses pendinginan kue dapat dilakukan secara berulang.

3. Proses Emulsifier

Langkah emulsifier menjadi yang paling tricky. Pada langkah ini, kamu harus memakai hand blender agar glazed halus dan tidak memiliki gelembung. Proses ini perlu dilakukan dengan ketelitian yang baik dan hati-hati.

4. Penyimpanan

Kue yang telah dilapisi mirror glazed harus disimpan pada lemari pendingin untuk menghindari permukaan yang meleleh. Sisa dari adonan glazed dapat disimpan kembali dalam zipper bag. Saat akan digunakan, glazed hanya perlu dipanaskan pada suhu 35 celcius.

Baca juga: Pembiayaan UMKM Lewat Pinjol Makin Meningkat

Beberapa hal di atas berperan penting dalam keberhasilan pembuatan mirror glazed cake. Dengan langkah dan proses yang benar, kamu dapat memiliki kue cantik ini untuk mengembangkan bisnis. Tips di atas cukup mudah, bukan?

Tips Gunakan Mirror Glazed Cake untuk Kembangkan Bisnis Kue

Cake yang sedang naik di pasaran ini memang dapat dijadikan solusi untuk pengembangan bisnis kue. Namun, bagaimana cara melakukannya? Mari terapkan beberapa langkah berikut ini!

1. Miliki Ciri Khas dengan Pesaing

Mirror glazed cake adalah kue yang dapat didekorasi sedemikian rupa menjadi tampilan tertentu. Agar kue milikmu dapat melekat di ingatan konsumen, diferensiasi yang kuat dapat dilakukan dengan beberapa hal.

Contohnya, kamu perlu menerapkan gaya atau corak tertentu pada kue yang diproduksi. Banyak dari mirror glazed cake identik dengan corak marble yang menampilkan kesan mewah. 

Beberapa yang lain lebih condong pada gaya feminim dengan dekorasi bunga dan warna yang lembut. Oleh karena itu, kamu dapat memilih atau menciptakan ciri khas kue yang paling sesuai dengan branding bisnis.

2. Mengikuti Pelatihan

Seperti yang telah dijelaskan, pembuatan kue ini memiliki beberapa perbedaan yang harus diperhatikan. Contohnya pembuatan glazed, cara dekorasi, dan penyimpanan. Maka dari itu, mengikuti pelatihan dari kelas ternama dapat membantu pengembangan bisnis menggunakan mirror glazed cake ini.

Saat ini, tersedia berbagai pelatihan mirror glazed cake lokal maupun internasional. Pelatihan ini dapat meningkatkan skill sehingga kue yang dihasilkan lebih berkualitas. Selain itu, sertifikasi pelatihan juga membuat konsumen lebih percaya pada bisnis kita.

3. Riset Kompetitor dan Konsumen

Riset memiliki peranan penting dalam bisnis. Riset pasar dapat dilakukan untuk mengetahui tren dan selera konsumen. Dalam hal kue, kamu dapat menyesuaikan produk dengan keinginan konsumen.

Baca juga: Setiap Tahun 1,3 Miliar Ton Makanan Terbuang Sia-Sia, Nilainya Tembus Ratusan Triliun

Selain riset pasar, kompetitor juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Riset kompetitor dapat membantu kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan pada bisnis. Hal ini dapat berkaitan dengan harga, rasa, dan pelayanan yang diberikan.

4. Desain Kemasan yang Menarik

Selain rasa, kemasan harus diperhatikan karena dapat menunjang penampilan kue. Mirror glazed cake merupakan kue dengan tampilan yang cantik sehingga kemasan harus disesuaikan dengan tampilan agar menarik perhatian konsumen.

Selain dalam hal penampilan, kemasan yang safety juga menjadi hal penting mengingat kue ini adalah jenis kue beku yang tidak terlalu tahan pada suhu yang panas. 

5. Buat Perencanaan Pengembangan Produk

Pengembangan bisnis dengan mirror glazed cake tentu harus melewati perencanaan yang matang. Beberapa hal penting antara lain penambahan karyawan, suplai bahan, promosi, dan masih banyak lagi.

Perencanaan yang matang membuat bisnis berkembang dengan baik dan meminimalisir kendala. Selain itu, dana pendukung bisnis juga harus memadai agar pengembangan berjalan lancar. Oleh karena itu, pengajuan kredit tanpa agunan dapat menjadi solusi tepat yang praktis untuk bisnis milikmu.

Itulah beberapa tips dan cara memanfaatkan mirror glazed cake dalam pengembangan bisnis. Dengan langkah yang matang, kamu dapat menghindari segala risiko yang ada. Kini, dana pengembangan bisnis dapat kamu miliki bersama digibank KTA.

Kredit digibank KTA menawarkan dana dengan limit hingga Rp200 juta dan approval hanya dalam 60 detik. Pengajuan kredit dapat kamu lakukan dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS. (*)

Related Posts

News Update

Top News