Internasional

Menlu AS Bertemu Putra Mahkota Arab Saudi, Ada Apa?

Jakarta – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken melakukan pertemuan dengan Putra Mahkota Arab Saudi, pada Rabu (7/6/2023) di Jeddah, Arab Saudi di tengah renggangnya hubungan kedua negara beberapa tahun terakhir. 

Kunjungan Blinken ke Arab Saudi merupakan kali kedua setelah dirinya menjabat menteri luar negeri. Hal ini dilakukan setelah Arab Saudi di bawah kepemimpinan Mohammed bin Salman (MBS) menjadi lebih terbuka terhadap AS.

Dilansir Reuters, pertemuan keduanya membahas sejumlah isu terkini mulai dari kerja sama ekonomi, hak asasi manusia, energi dan teknologi.

“Keduanya mendiskusikan kerja sama ekonomi, terutama di bidang energi bersih dan teknologi,” ungkap Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller, Rabu, 7 Juni 2023.

Baca juga: Tujuh Tahun Bersitegang, Iran Buka Kembali Kedutaan di Arab Saudi

Selain itu, keduanya juga menekankan peningkatan hubungan bilateral apabila kemajuan dalam penegakan hak asasi manusia,” tambahnya.

Sebuah sumber mengatakan, lawatan Blinken ke Arab Saudi juga memiliki agenda lain, yakni mendapatkan kembali pengaruh dengan Saudi atas harga minyak, menahan pengaruh China dan Rusia di wilayah tersebut, dan mengupayakan normalisasi hubungan Saudi-Israel.

Selama berada di Arab Saudi hingga 8 Juni 2023, dirinya akan bertemu dengan sejumlah pejabat lain, menghadiri pertemuan anti-ISIS di Riyadh dan bertemu Menteri-menteri luar negeri dari negara-negara anggota Dewan Kerjasama Teluk. (*)

Editor: Galih Pratama

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Jakarta CREATORCON 2024 Sukses Menarik Animo Ratusan Konten Kreator RI

Jakarta – Jakarta CREATORCON 2024 sukses menyedot animo 920 konten kreator di Indonesia. Dengan menghubungkan… Read More

32 mins ago

Diduga Gunakan Skema Ponzi, Satgas PASTI Blokir Kegiatan PT XFA AI

Jakarta - Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal atau Satgas PASTI telah menerima pengaduan dan… Read More

48 mins ago

IHSG Berpotensi Menguat Terbatas, Berikut Sentimen Pendorongnya

Jakarta –  Pilarmas Investindo Sekuritas melihat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) secara teknikal hari ini… Read More

1 hour ago

Menilik Tantangan-Peluang Perajin Batik di Era Industri yang Menggeliat

Jakarta – Industri batik di Tanah Air menggeliat di tengah tantangan besar dari sisi produktivitas dan… Read More

10 hours ago

Inflasi Medis Melangit, Bundamedik Tempuh Langkah Ini

Jakarta - Inflasi kesehatan atau inflasi medis kini tengah menjadi sorotan sejumlah pihak. Meningkatnya biaya… Read More

11 hours ago

Prudential Indonesia-UNICEF Kolaborasi Dorong Partisipasi PAUD di NTT

Jakarta - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bersama Prudence Foundation berkolaborasi dengan UNICEF Indonesia… Read More

12 hours ago