Menlu AS Bertemu Putra Mahkota Arab Saudi, Ada Apa?

Menlu AS Bertemu Putra Mahkota Arab Saudi, Ada Apa?

Jakarta – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken melakukan pertemuan dengan Putra Mahkota Arab Saudi, pada Rabu (7/6/2023) di Jeddah, Arab Saudi di tengah renggangnya hubungan kedua negara beberapa tahun terakhir. 

Kunjungan Blinken ke Arab Saudi merupakan kali kedua setelah dirinya menjabat menteri luar negeri. Hal ini dilakukan setelah Arab Saudi di bawah kepemimpinan Mohammed bin Salman (MBS) menjadi lebih terbuka terhadap AS.

Dilansir Reuters, pertemuan keduanya membahas sejumlah isu terkini mulai dari kerja sama ekonomi, hak asasi manusia, energi dan teknologi.

“Keduanya mendiskusikan kerja sama ekonomi, terutama di bidang energi bersih dan teknologi,” ungkap Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller, Rabu, 7 Juni 2023.

Baca juga: Tujuh Tahun Bersitegang, Iran Buka Kembali Kedutaan di Arab Saudi

Selain itu, keduanya juga menekankan peningkatan hubungan bilateral apabila kemajuan dalam penegakan hak asasi manusia,” tambahnya.

Sebuah sumber mengatakan, lawatan Blinken ke Arab Saudi juga memiliki agenda lain, yakni mendapatkan kembali pengaruh dengan Saudi atas harga minyak, menahan pengaruh China dan Rusia di wilayah tersebut, dan mengupayakan normalisasi hubungan Saudi-Israel.

Selama berada di Arab Saudi hingga 8 Juni 2023, dirinya akan bertemu dengan sejumlah pejabat lain, menghadiri pertemuan anti-ISIS di Riyadh dan bertemu Menteri-menteri luar negeri dari negara-negara anggota Dewan Kerjasama Teluk. (*)

Editor: Galih Pratama