Menkeu Akhirnya Buka-bukaan Anggaran untuk IKN, Segini Nilainya

Menkeu Akhirnya Buka-bukaan Anggaran untuk IKN, Segini Nilainya

Jakarta – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengalokasikan anggaran sebesar Rp40,6 triliun untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di tahun 2024.

“Anggaran untuk IKN tahun depan Rp40,6 triliun,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers RUU APBN 2024 dan Nota Keuangan, Rabu 16 Agustus 2023.

Baca juga: Sistem Listrik Hijau dan Canggih Dipersiapkan untuk Istana Kepresidenan di IKN

Dia mengungkapkan, anggaran sebesar Rp40,6 triliun tersebut juga sudah termasuk untuk pembangunan Bandara VVIP di IKN.

“Kemudian untuk (anggaran) IKN tahun depan, termasuk untuk pembangunan dari airport VVIP yang kemarin sudah diputuskan oleh Presiden (Jokowi),” jelasnya.

Sementara itu, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengungkapkan, pembangunan infrastruktur di IKN sudah rampung 30 persen. Sedangkan untuk pembangunan jalan tol ditargetkan akan selesai pada 2024 mendatang.

“Kalau kayak Bendungan Sepaku Semoi itu akhir tahun ini sudah selesai, sudah diisi airnya. Sekarang baru mau mulai water treatment plant ya,” jelasnya.

Baca juga: Gandeng Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Bank Mandiri Siap Hadirkan Layanan Keuangan

Basuki menambahkan, pembangunan 47 tower hunian bagi ASN, TNI, dan Polri akan dimulai pada bulan September 2023, dimana ditargetkan sebanyak 12 tower akan selesai dibangun di Juli 2024.

Termasuk Masjid Negara IKN yang juga sudah mulai di bangun, kantor presiden, 4 kantor Kemenko, dan Mensesneg juga akan selesai pada tahun 2024.

“Termasuk lapangan untuk upacara yang akan kita siapkan mudah-mudahan Juni sudah bisa selesai,” imbuhnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

News Update

Top News