Menkes Pastikan Kebutuhan Vaksinasi Booster Tercukupi

Menkes Pastikan Kebutuhan Vaksinasi Booster Tercukupi

Lagi, Indonesia Kembali Kedatangan 6 Juta Bulk Vaksin Covid-19
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Pemerintah akan memulai vaksinasi dosis lanjutan atau booster pada hari ini, Rabu (12/01). Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan bahwa stok vaksin untuk kebutuhan pelaksanaan vaksinasi booster masih mencukupi.

Stok vaksin tersebut, imbuh Menkes, antara lain berasal dari kontrak pengadaan vaksin tahun lalu yang akan dikirimkan di awal tahun ini maupun vaksin yang datang melalui kerja sama bilateral dan multilateral.

“Sebelumnya, COVAX memberikan komitmen bantuan terhadap 20% dari populasi Indonesia, sekarang sudah dikonfirmasi akan ditingkatkan menjadi 30% dari populasi Indonesia. Kira-kira setara vaksinasi untuk 27 juta orang atau kira-kira setara dengan 54 juta dosis vaksin gratis yang bisa diterima pemerintah total dari tahun lalu dan tahun ini,” ujar Menkes Budi di Jakarta.

Menkes mengungkapkan, vaksinasi booster ini penting bagi seluruh rakyat Indonesia. Vaksinasi lanjutan adalah bentuk komitmen dari pemerintah untuk melindungi seluruh masyarakat Indonesia dari ancaman COVID-19 dan termasuk varian-varian barunya

Ia menambahkan, program vaksinasi booster ini akan dilakukan secara gratis untuk masyarakat Indonesia yang telah berusia 18 tahun ke atas dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau dua kali suntik minimal enam bulan yang lalu. Selain itu, pemberian vaksin ketiga ini akan diprioritaskan bagi kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan (imunokompromais). (*)

 

Editor: Rezkiana Np

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]