Menkes Minta Pemda Perkuat Prokes Usai Libur Panjang

Menkes Minta Pemda Perkuat Prokes Usai Libur Panjang

Menkes Minta Pemda Perkuat Prokes Usai Libur Panjang
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta setiap pemerintah daerah untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi peningkatan kasus Covid-19 pasca libur lebaran. Caranya adalah dengan memperkuat protokol kesehatan diantaranya adalah 3M, 3T dan PPKM Mikro.

“Himbauan kami terutama untuk terus menjalankan protokol kesehatan terutama memakai masker. Untuk teman-teman kepala daerah, dinas kesehatan, pangdam, dan kapolda untuk terus memastikan tracingnya ditingkatkan, dan orang yang ditrace positif harus segera dilakukan testing,” kata Menkes Budi dalam keterangannya di Jakarta.

Upaya 3M, 3T dan PPKM Mikro harus terus dilakukan mengingat pandemi Covid-19 belum usai meski sudah ada vaksinasi. Apalagi dengan ditemukannya varian baru Covid-19 yang lebih menular, sudah sepatutnya setiap pemangku kebijakan meningkatkan kewaspadaan akan potensi peningkatan kasus aktif Covid.

Selain itu, Menkes juga meminta setiap pemerintah daerah untuk memastikan ketersediaan tempat tidur dan ruang ICU khusus Covid-19. Persiapan ini dimaksudkan agar tidak terjadi penumpukan pasien disetiap fasyankes.

Secara nasional, jumlah jumlah tempat tidur yang disiagakan sebanyak 70 ribu unit dengan tingkat keterisian sekitar 20 ribu unit. Kemudian untuk ruang ICU khusus COVID-29 ada 7.500 dan tingkat keterisian 2.500 unit. Menkes meyakini, jumlah yang ada saat ini masih memadai dan masih ada tambahan sebesar 200% dari keterisian saat ini. (*) Evan Yulian Philaret

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]