CSR

Meningkatkan Guru Sertifikasi Melalui Program Bhakti BUMN

Jakarta – PT Askrindo terus mempertahankan konsistensinya terhadap dunia Pendidikan. Salah satunya menggelar kegiatan bagi tenaga pendidik seperti sertifikasi Guru PAUD, Diklat Berjenjang bagi Guru PAUD agar tenaga Pendidik bagi Pendidikan Anak Usia Dini mendapatkan metode pembelajaran dan wawasan perkembangan anak, serta dapat diakui dan terstandar. 

Kali ini, konsistensi tersebut diwujudkan dalam komitmen melalui program Bhakti BUMN Untuk Guru –  Program Komitmen Bersama Sertifikasi Guru, yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan telah dilaksanakan Student Center Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura, Ambon, Maluku. Askrindo ditunjuk sebagai PIC untuk wilayah Maluku dan NTT yang berkolaborasi dengan BUMN lainnya seperti BRI, BPUI, Jasindo, Jamkrindo dan BUMN lainnya. 

Dengan adanya kolaborasi dan sinergi antar BUMN ini membuka kesempatan yang besar bagi guru-guru yang belum lulus ujian. Program Komitmen Bersama Sertifikasi Guru ini memberikan kesempatan kepada guru-guru retaker (yang sudah pernah mengikuti ujian namun belum lulus) untuk dapat mengikuti kembali ujian sertifikasi guru dan dibekali dengan pelatihan ujian sertifikasi guru.

“Kami berharap, dengan pembekalan pelatihan dimaksud, BUMN dapat membantu guru-guru retaker lulus sertifikasi. Ini merupakan kesempatan besar yang tidak boleh dilewatkan teman-teman pendidik, dan kami akan terus berkontribusi bagi Pendidikan di wilayah Maluku khususnya,” ujar Pimpinan Askrindo Kantor Cabang Ambon, Nadil dikutip 27 Oktober 2022.

Direktur SDM, Kepatuhan dan Manajemen Risiko Askrindo Kun Wahyu Wardana mengatakan, perusahaan melihat masih banyak guru PAUD, terutama yang berada di wilayah 3T diantaranya berasal dari daerah Gorontalo (Boelemo), Sumatra Barat (Mentawai), Sumatra Utara (Nias Selatan), Nusa Tenggara Timur (Manggarai Timur), dan Maluku (Pulau Seram), yang belum memahami secara utuh metode pembelajaran dan pola asuh anak usia dini. 

“Diharapkan para peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat dari Kemendikbudristek dan diharapkan menjadi sebuah pengakuan atas kualifikasi guru PAUD yang kompeten. Guru PAUD merupakan sebuah profesi mulia, yaitu memberikan pengajaran, pendidikan yang paling dasar, pondasi bagi anak-anak dalam pembentukan karakter sejak dini. Oleh karena itu, Askrindo ingin mewujudkan generasi emas Indonesia melalui guru PAUD yang juga memiliki kompetensi dan kualifikasi yang mumpuni,” jelas Kun.

Kun menambahkan, melalui program pelatihan peningkatan kompetensi ini, diharapkan para Guru dapat mempunyai bekal ilmu untuk menghadapi ujian sertifikasi Guru serta lulus dengan hasil terbaik. “Askrindo ingin agar para guru memiliki kemampuan untuk membangun karakter peserta didik yang mempunyai karakter baik dan mental yang tangguh dalam membangun Generasi Indonesia Emas,” tutup Kun. (*)

Rezkiana Nisaputra

Recent Posts

Ini Dia Komitmen OJK untuk Stabilitas Sektor Jasa Keuangan

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berkomitmen untuk menjaga stabilitas sektor jasa keuangan dan… Read More

5 mins ago

Sri Mulyani Perpanjang Insentif PPN 100 Persen untuk Sektor Perumahan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan akan melanjutkan insentif pajak pertambahan nilai (PPN) 100 persen untuk sektor… Read More

22 mins ago

Hari Asuransi

Ketua Panitia Hari Asuransi 2024, Ronny Iskandar, menyampaikan “Tema dan tagline inidiangkat untuk menekankan pentingnya… Read More

26 mins ago

Sektor Jasa Keuangan Terjaga Stabil di Tengah Pelonggaran Kebijakan Moneter, Ini Faktor Pendukungnya

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebut stabilitas sektor jasa keuangan nasional saat ini masih… Read More

47 mins ago

BI Buka Peluang Pangkas Suku Bunga Acuan di Penghujung 2024

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan ruang penurunan suku bunga acuan atau BI Rate… Read More

1 hour ago

Sri Mulyani Klaim Rupiah Menguat di Kuartal III 2024, Ungguli Korsel

Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan nilai tukar rupiah pada kuartal III… Read More

1 hour ago