Melawat ke Australia, Jokowi Bawa Misi Wujudkan Kawasan Indo-Pasifik yang Damai

Melawat ke Australia, Jokowi Bawa Misi Wujudkan Kawasan Indo-Pasifik yang Damai

Jakarta – Presiden Joko Widodo tengah melakukan lawatan kenegaraan ke Sydney, Australia untuk menghadiri pertemuan Annual Leaders’ Meeting (ALM), Selasa (4/7).

Dalam lawatannya, Jokowi membawa misi mulia perihal keinginan Indonesia dan ASEAN untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai.

“Terkait isu regional dan global, saya menyampaikan posisi Indonesia dan ASEAN sangat jelas, ingin Indo-Pasifik menjadi kawasan yang damai dan stabil, yang mengedepankan kolaborasi dan kerja sama konkret,” ungkap Jokowi, dikutip VOA Indonesia, Rabu, 5 Juni 2023.

Dalam pertemuan kali ini, Jokowi menyebut perkembangan kerja sama antara Indonesia dan Australia telah berkembang dengan sangat baik. Sejak Annual Leaders’ Meeting tahun lalu di Bogor, telah banyak perkembangan positif dan terima kasih untuk komitmennya-komitmennya,” kata Jokowi.

Baca juga: Biden Bakal Melawat ke Tiga Negara Eropa, Ini Misi yang Dibawa

Menurutnya, ada sejumlah hal yang harus dijadikan prioritas oleh kedua negara. Pertama, katanya, menjadikan hubungan ekonomi antar kedua negara menjadi lebih substantif dan strategis.

“Indonesia dan Australia harus membangun kerja sama ekonomi yang lebih substantif dan strategis, melalui pengembangan bersama produksi baterai EV,”jelasnya.

Kedua, katanya, mengoptimalkan volume perdagangan. Dan ketiga yakni mengurangi emisi karbon. Jokowi mendorong adanya kerja sama dalam pembangunan carbon capture and storage serta smelter yang berorientasi energi hijau di Indonesia.

Keempat, meningkatkan partisipasi Australia dalam pembangunan ibu kota baru. Dalam hal ini, mendorong sektor swasta Australia dan National Capital Authority Australia untuk bekerjasama dengan Otoritas IKN. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News