Megawati Bakal Umumkan Cawapres Ganjar pada September, Ini Bocorannya

Megawati Bakal Umumkan Cawapres Ganjar pada September, Ini Bocorannya

Jakarta – Teka-teki siapa yang akan mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, sepertinya segera akan terkuak. Ketua Umum PDIP dikabarkan bakal mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) Ganjar pada September 2023.

Kabar tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto. Menurutnya, cawapres Ganjar akan diumumkan setelah partainya berkomunikasi dengan partai koalisi pendukung Ganjar.

“September, tentu saja ini kewenangan dari Ibu Ketua Umum mengumuman calon dari wakil presiden yang tentu saja setelah berkoordinasi dengan seluruh ketua umum partai politik yang mengusung Ganjar dan dengan bapak Presiden Jokowi,” kata Hasto kepada awak media baru-baru ini.

Menurut pria berkacamata ini, PDIP saat ini tengah menggodok nama-nama yang yang masuk dalam bursa cawapres pendamping Ganjar. Prosesnya akan memakan waktu hingga dua bulan ke depan (Juli – Agustus 2023).

“Bulan Juli, Agustus, akan menjadi momentum penggodokan dan kemudian akan dicari perpaduan terbaik, tetapi juga melihat aspek-aspek elektoral. Jadi, kita tunggu momentum yang tepat,” kata Hasto.

Baca juga: Gubernur Khofifah Masuk Radar Cawapres Anies Baswedan

Ketika ditanya soal kriteria cawapres Ganjar, kata Hasto sosok yang akan mendampingi Ganjar nantinya harus memenuhi kriteria yang ditentukan.

“Sosok yang punya kemampuan profesional, kemampuan teknik, taktik dan mampu menyebarkan apa yang menjadi tema Rakernas PDI-P, yaitu fakir miskin dipelihara negara,” jelas Hasto.

Sebelumnya, sejumlah nama mencuat dan memiliki kans untuk menjadi cawapres Ganjar. Mulai dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Tak hanya dari jajaran menteri Presiden Joko Widodo atau Jokowi, PDIP juga sempat mengumbar nama cawapres dari partai politik (parpol) lain, yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Demokrat.

Teranyar ada nama Ridwan Kamil dari Partai Golkar dan Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa. Keduanya digadang-gadang punya kans jadi cawapres Ganjar.

Dalam acara peletakan batu pertama pembangunan patung Soekarno di Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu, Hasto sempat membacakan pantun tentang prestasi Ridwan Kamil dalam memimpin Jawa Barat yang diselipkan dengan peluangnya sebagai pendamping Ganjar.

“Kang Emil memang kaya prestasi. Memajukan Jabar penuh daya seni. Pemilu akan digelar beberapa bulan lagi. Bacawapres Pak Ganjar ternyata ada di sini,” kata Hasto.

Sementara, Politisi PDIP Masinton Pasaribu menyebut ada peluang bagi Mantan Panglima TNI Jenderal Andika menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres).

Baca juga: Anies, Ganjar, dan Prabowo, Siapa yang Pro Pembangunan?

Ia menyampaikan hal tersebut dalam merespons pernyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Puan menyebutkan bakal cawapres Ganjar berkemungkinan hadir di puncak acara Bulan Bung Karno.

“PDIP terbuka membahas cawapres dengan elemen lainnya baik parpol maupun di luar parpol,” ungkap Masinton. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News