Masyarakat Diajak Buktikan Cinta Pahlawan di Mata Uang, Bos BI: Jangan Cuma Matanya ‘Ijo’

Masyarakat Diajak Buktikan Cinta Pahlawan di Mata Uang, Bos BI: Jangan Cuma Matanya ‘Ijo’

Jakarta – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan bahwa warga negara Indonesia harus menumbuhkan semangat untuk memperkuat kedaulatan negara melalui mata uang rupiah. Sehingga, kata Perry, kalau lihat uang jangan “mata ijo”.

“Kalau lihat uang jangan matanya ijo. Kalau liat uang ini timbulkan rasa di hati I love this country. Caranya liat wajah-wajah beliau (pahlawan di mata uang). Jadi kalau liat ini (uang) jangan matanya ijo, boleh matanya ijo setelah itu, tapi rasakan coba proklamator kita Bung Karno, Hos Cokroaminoto, Bung Tomo dan tokoh-tokoh politik memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” ujar Perry dalam FERBI 2023, Jumat 28 Agustus 2023.

Baca juga: Catat, Bos BI Perkenalkan 3 Alat Pembayaran yang Berlaku Saat Ini di Indonesia, Apa Saja?

Apalagi, gambar di mata uang Indonesia ada tarian NKRI dan gambar pahlawan, hal ini harus dipelajari supaya menumbuhkan rasa kecintaan terhadap rupiah. Bukan hanya dipandang sebagai alat pembayaran, tapi sebagai simbol perjuangan, identitas, dan kebudayaan bangsa, serta pengikat yang kuat bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Ini alat pembayaran dan harus kita cintai kepada NKRI, ini adalah wujud cinta kita kepada rupiah,” katanya.

Seperti diketahui, BI mengadakan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023 yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran pentingnya rupiah dalam sejarah bangsa, menumbuhkan optimisme, semangat kebangsaan, dan memperkuat kedaulatan negara melalui rupiah.

Baca juga: Luncurkan QRIS TUNTAS di HUT RI, Tarik Tunai, Transfer Hingga Setor Tunai Kini Bisa Lewat QRIS

FERBI juga merupakan upaya Bank Indonesia agar kita sebagai bangsa Indonesia semakin Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah sebab Rupiah bukan hanya sekadar alat pembayaran yang sah di Indonesia, tetapi juga simbol kedaulatan negara yang patut kita hormati.

FERBI pertama kali diselenggarakan pada tanggal 19-21 Agustus 2022 dengan tema “Bersatu dalam Rupiah, Berdaulat di NKRI”. Acara tersebut turut memeriahkan peringatan HUT RI ke-77 dan menjadi bagian penting dari peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News