Mastercard, Central Department Store, dan BenihBaik.com Hadirkan Sekolah Kesetaraan Gratis

Mastercard, Central Department Store, dan BenihBaik.com Hadirkan Sekolah Kesetaraan Gratis

Jakarta – Mastercard, Central Department Store dan BenihBaik.com bersinergi untuk mendukung kesetaraan pendidikan di Indonesia.

Sinergi ini diwujudkan dalam keberhasilan penggalangan dana lebih dari Rp750 juta untuk mendirikan sekolah kesetaraan gratis yang dapat memberikan akses pendidikan bagi anak-anak kurang beruntung di Indonesia.

Sekolah Kesetaraan Gratis ini menyediakan akses dan sarana pendidikan gratis bagi anak-anak tunawisma dan mereka yang mengalami masalah kesejahteraan sosial.

Program pendidikan yang dilakukan meliputi pendidikan formal, berupa kegiatan belajar seminggu sekali, serta muatan lokal yang relevan dengan lingkungan sekitar seperti manajemen sampah.

Selain itu, program ini juga mencakup pendampingan keluarga dengan mengunjungi rumah anak didik, untuk memastikan adanya dukungan keluarga dan mendidikan siap kerja yang membentuk soft skill dan hard skill guna mempersiapkan anak menjadi talenta profesional.

Baca juga: BRI Dukung Benihbaik.com Salurkan 4.320 Bibit Pohon Durian Bawor

Kemudian, mereka akan diberikan motivasi oleh pembicara inspiratif melalui kelas inpiratif, serta kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan keterampilan olahraga dan kesenian.

Anak-anak juga akan mendapatkan berbagai program pendukung seperti eduwisata berupa kunjungan ke tempat wisata edukatif. Mereka akan mendapatkan pelatihan intensif bahasa Inggris melalui fun English club, kelas persiapan untuk asesmen, ujian kesetaraan, dan persiapan masuk perguruan tinggi.

Menurut data Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia pada 2022, sebanyak 491.311 anak Indonesia terpaksa putus sekolah pada awal tahun ajaran baru.

Hal ini menunjukkan kesejahteraan sosial anak-anak Indonesia memerlukan perhatian khusus, terutama dalam hal akses pendidikan.

“Melihat fakta tersebut, kami ingin mengambil bagian untuk membantu memajukan pendidikan anak-anak di Indonesia. Akhirnya di tahun ini, di mana Central sendiri memasuki satu dekade, Sekolah Kesetaraan Gratis ini bisa mulai berjalan. Kami harap melalui sekolah ini, anak-anak yang putus sekolah karena masalah ekonomi bisa melanjutkan dan mengejar mimpi mereka kembali,” ujar Direktur Central Department Store, Kong Surapongpracha, Kamis, 15 Agustus 2024.

Sementara itu, Country Manager and President Director, Indonesia, Mastercard, Aileen Goh mengungkapkan sebagai bagian dari kolaborasi ini, Mastercard mendonasikan Rp25.000 untuk setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit atau debit Mastercard pada periode 25 September hingga 31 Desember 2023.

Selain itu, Mastercard juga mencocokkan setiap donasi yang dilakukan oleh pemegang kartu Mastercard di situs BenihBaik.com, hingga Rp250.000 per donasi.

“Pendidikan adalah fondasi ekonomi yang inklusif. Inisiatif ini tidak hanya memberi kesempatan kepada pemegang kartu Mastercard untuk memberikan dampak yang berarti, tetapi juga membuka lebih banyak peluang bagi anak-anak kurang beruntung untuk belajar dan berkembang secara menyeluruh, membekali mereka dengan keterampilan hidup dan pendidikan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan potensi mereka – terlepas dari latar belakangnya,” katanya, Kamis, 15 Agustus, 2024.

Baca juga: Mengusung Konsep ‘Green School’, Sekolah Chevalier PIK2 Bakal Hadir di Kawasan PIK2

Di sisi lain, Founder BenihBaik.com, Andy F Noya mengungkapkan pasca pandemi COVID-19, tercatat masih ada lebih dari 26 juta orang masyarakat Indonesia yang berada di bawah garis kemiskinan. Karena itu, dampaknya pun terasa bagi anak-anak yang terpaksa putus sekolah.

“Anak-anak ini membutuhkan uluran tangan dan program ini bisa membantu mereka untk mewujudkan kembali mimpinya,” kata Andy, Kamis, 15 Agustus 2024. (*) Ayu Utami

Related Posts

News Update

Top News