Ekonomi dan Bisnis

Mantap! Lintasarta Sabet Penghargaan Inovatif di Ajang Bergengsi Kelas Asia

Jakarta – Lintasarta, perusahaan Information and Communication Technology (ICT) total solution, menjadi pemenang di Asian Telecom Awards 2024, pada kategori Technology Innovation of the Year – Indonesia.

Penghargaan yang diterima Lintasarta ini menandakan pencapaian perusahaan dalam menciptakan “Talita” pada 2023. Talita dikenal sebagai “Asisten Virtual AI Lintasarta,” yang berasal dari akronim “Tanya Lintasarta” atau “Talk to Lintasarta”.

Presiden Direktur & CEO Lintasarta Bayu Hanantasena mengatakan, asisten virtual ini dirancang untuk merevolusi akses informasi internal bagi karyawan, serta meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca juga : Bos Lintasarta Beberkan 3 Pilar Penopang Digitalisasi Perbankan Syariah

“Diperkenalkannya Talita menandakan komitmen perusahaan terhadap inovasi dan keunggulan teknologi. Integrasi Talita tidak hanya menyederhanakan operasi internal, tetapi juga berdampak positif pada pengalaman karyawan, kepercayaan, dan kepuasan pelanggan, yang mana menjadi awal dari perjalanan berbasis AI kami,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (3/3/2024).

Bayu menjelaskan, Talita menyederhanakan akses ke berbagai informasi internal yang penting, mulai dari manajemen data perusahaan hingga proses bisnis. 

Sejumlah informasi interaktif yang disediakan Talita. Salah satunya Instruksi Kerja untuk produk Lintasarta, Aplikasi Internal, infrastruktur IT, penyusunan email internal dan eksternal. 

Selanjutnya, desain slide presentasi, rekomendasi, pembuatan kuis untuk sesi pelatihan, tips & trik IT/Jaringan, dan dukungan untuk berbagai bahasa.

Untuk mempersiapkan karyawan agar dapat beralih ke proses bisnis sehari-hari dengan asisten virtual, Lintasarta mengatasi potensi hambatan untuk berubah dengan menerapkan program pelatihan yang komprehensif dan support system di internal. 

Baca juga : Tantangan Mengelola Hyperscaler Cloud, Ini Saran Lintasarta untuk Perbankan

Adanya berbagai dukungan ini membuat performa tim internal lebih maksimal dalam memberikan pelayanan ke pelanggan. 

Ia menambahkan, para pelanggan Lintasarta menjadi salah satu pihak yang merasakan dampak dari sisi efektivitas kerja melalui pemanfaatan Talita. 

Talita menarik informasi dari berbagai sumber di internal, memungkinkan pengguna bisnis untuk memperoleh informasi komprehensif dari satu sistem dan membantu tim internal kami meningkatkan kecepatan dan kualitas aktivitas harian untuk para pelanggan. 

Selain itu, asisten virtual kami ini telah mengurangi jumlah tiket untuk pertanyaan dan kebutuhan penjelasan kepada tim IT sekitar 30 persen. (*) RAL

Muhamad Ibrahim

Recent Posts

Perkuat Positioning di Pasar Motor Listrik, UNTD Luncurkan Merek Baru Avand E-Motor

Jakarta – PT Terang Dunia Internusa Tbk (UNTD), produsen sepeda dan motor listrik terus memperkuat… Read More

7 hours ago

CIMB Niaga Targetkan 10 Juta Nasabah di 2025, Begini Strateginya

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menargetkan pertumbuhan total jumlah nasabah sebesar… Read More

7 hours ago

CIMB Niaga Apresiasi Nasabah dengan XTRA XPO 2024

Pengunjung tengah memadati acara CIMB Niaga XTRA XPO, yg digelar di Jakarta. Direktur Consumer Banking… Read More

7 hours ago

BEI: Jumlah Investor Saham Tembus 6 Juta SDI

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) telah berhasil mencatatkan pencapaian baru dari jumlah investor… Read More

9 hours ago

BI Hentikan Publikasi JIBOR Mulai 1 Januari 2026

Jakarta – Bank Indonesia (BI) akan menghentikan secara permanen publikasi Jakarta Interbank Offered Rate (JIBOR) mulai 1 Januari 2026.… Read More

9 hours ago

Jurus IFG Dorong Anak Muda Pahami Pengelolaan Risiko Investasi

Jakarta - Financial Group (IFG) berkomitmen untuk mendorong penguatan literasi finansial khususnya terkait pentingnya pengelolaan risiko… Read More

9 hours ago