Luncurkan Reksa Dana Saham Syariah Berbasis Dividen, Segini Target AllianzGI Indonesia

Luncurkan Reksa Dana Saham Syariah Berbasis Dividen, Segini Target AllianzGI Indonesia

Jakarta – PT Allianz Global Investors Asset Management Indonesia (AllianzGI Indonesia) baru saja memperkenalkan strategi high dividend global sharia equity (Strategi) dengan merilis produk Reksa Dana Syariah Allianz High Dividend Global Sharia Equity Dollar di pasar Indonesia. AllianzGI Indonesia membidik dana kelolaan sebesar USD35 juta di tahun pertama produk ini diluncurkan.

Rima Suhaimi, Presiden Direktur dan Head of Indonesia AllianzGI mengungkapkan, kondisi dan tantangan pasar saat ini menuntut investor mengambil keputusan portofolio yang lebih strategis dan menerapkan strategi diversifikadi dividen. Diversifikasi portofolio juga akan menjadi kunci.

“Kami bertujuan untuk membantu mengatasi ketidakpastian yang ada di pasar. Dengan memperkenalkan Strategi High Dividend Global Sharia Equity kepada klien kami di Indonesia, kami terus memperkuat AllianzGI di pasar Indonesia sebagai manajer aset aktif global. Kami berkomitmen untuk membawa keahlian global AllianzGI ke Indonesia, dengan harapan untuk menyediakan solusi investasi yang terintegrasi dan kuat bagi para klien kami,” papar Rima dalam Media Brief AllianzGI di Jakarta, Selasa, 3 Oktober 2023.

Baca juga: Allianz Indonesia Luncurkan Asuransi Jiwa LegacyPro, Alternatif Warisan bagi Keluarga, Apa Saja Keuntungannya?

Produk ini digagas untuk memberikan pembagian dividen per triwulan kepada nasabah. Sedangkan portofolio dari strategi ini difokuskan pada perusahaan-perusahaan global dengan dividen tinggi, yang menjamin pertumbuhan dividen yang stabil. Tentu juga pilihannya adalah portofolio yang selaras dengan prinsip syariah.

Strategi ini menawarkan portofolio investasi yang baru dan aktif khususnya bagi para investor yang mengincar pendapatan serta mencari solusi investasi global. Strategi ini dirancang untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat terhadap pilihan investasi berbasis syariah yang tidak hanya selaras dengan nilai-nilai etika namun juga menawarkan potensi imbal hasil yang menarik.

Eriko Se, Head of Retail AllianzGI Indonesia, menambahkan, melalui strategi ini, minimal 80% dari nilai aset bersih (net asset value) akan diinvestasikan dalam ekuitas yang sesuai prinsip syariah. Adapun benchmark-nya mengacu pada Dow Jones Islamic World Index.

“Terdiri dari saham dari berbagai negara, tapi mayoritas di pasar Amerika Serikat. Namun nanti tentu bisa disesuaikan, tergantung pada kondisi pasar,” ujarnya.

Sekadar informasi, Strategi Allianz High Dividend Global Sharia merupakan strategi pertama yang diluncurkan sejak akuisisi AllianzGI Indonesia pada 2022 lalu. Strategi ini akan memenuhi kebutuhan investor lokal yang fokus pada pendapatan konsisten dan akses terhadap pasar internasional sehingga memperoleh diversifikasi portofolio.

Langkah ini menjadi penting bagi kehadiran AllianzGI di Asia dalam rangka memperkuat komitmennya terhadap Asia Tenggara dan pasar keuangan Indonesia.

Baca juga: Bidik Milenial, Bank Danamon dan BRI Manajemen Investasi Hadirkan Reksa Dana ESG

Dari sisi kinerja, per Juni 2023, AllianzGI Indonesia mencatatkan total dana kelolaan atau asset under management (AUM) sebesar Rp6,8 triliun. Hingga akhir tahun ini, AUM ditargetkan bisa tembus di atas Rp7 triliun.

AllianzGi Indonesia adalah bagian dari Allianz Global Investor, perusahaan manajemen aset yang beroperasi di lebih dari 20 negara dan mengelola aset sebesar EUR520 miliar per Juni 2023.

Untuk Asia Pasifik sendiri, AllianzGI beroperasi di 6 negara, dengan total dana kelolaan mencapai USD37 miliar. (*) Ari Astriawan & Hanin Marwah Nurkhoirani

Related Posts

News Update

Top News