LMAN Rampungkan 128 Proyek Strategis Nasional, Nilainya Capai Rp716,4 Triliun

LMAN Rampungkan 128 Proyek Strategis Nasional, Nilainya Capai Rp716,4 Triliun

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Sejak tahun 2016 hingga 2021, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) mencatat pihaknya telah menyelesaikan sebanyak 128 Proyek Strategis Nasional (PSN). Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi mengatakan, jumlah nilai investasi dari PSN tersebut mencapai Rp716,4 triliun.

“PSN menghadirkan berbagai manfaat diantaranya pembangunan konektivitas melalui jalan tol, jalur kereta api serta bandar udara, ketersediaan air bersih, sumber energi listrik serta hulu migas dan pariwisata,” jelas Basuki pada keterangan resminya, Rabu, 2 Maret 2022.

Untuk menyelesaikan PSN di 2016-2021, pemerintah terhitung telah mengucurkan anggaran sebanyak Rp105,62 triliun untuk anggaran dana pengadaan lahan di LMAN. Pada APBN Tahun Anggaran 2022, anggaran pengadaan lahan tercatat senilai Rp28,84 triliun.

“Sebagai wujud komitmen sebagai bagian dari kolaborasi ekosistem pembangunan infrastruktur, LMAN akan terus mendorong dan menjunjung tinggi sinergi dengan seluruh instansi terkait, serta terus berupaya melaksanakan inovasi yang diperlukan agar pendanaan pengadaan lahan dapat terlaksana sesuai tata kelola untuk turut mendorong percepatan pembangunan infrastruktur yang menghadirkan manfaat bagi Indonesia,” tambah Basuki.

LMAN meyakini pembangunan infrastruktur harus berorientasi pada semangat membangun peradaban dan memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi serta manfaat bagi rakyat. Hal ini khususnya pada perekonomian daerah, nilai tambah industri, pendapatan tenaga kerja dan penciptaan kesempatan kerja.

Basuki menyebut, perwujudan pembangunan tersebut dilaksanakan dengan mengedepankan transformasi, inovasi dan dukungan serta komitmen berbagai sektor, yang mencakup dukungan pemerintah melalui APBN, ketersediaan lahan, pembangunan yang mempertimbangkan aspek sustainabilitas, tata kelola, dan lingkungan, inovasi pembiayaan serta pemanfaatan teknologi. (*)

 

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]