Laba Bersih Emiten Teknologi WIRG Tumbuh 11,1 Persen Jadi Rp28,9 Miliar di Kuartal I 2024

Laba Bersih Emiten Teknologi WIRG Tumbuh 11,1 Persen Jadi Rp28,9 Miliar di Kuartal I 2024

Jakarta – Perusahaan teknologi PT WIR Asia Tbk (WIR Group) mengumumkan capaian kinerja positif di kuartal I 2024. Emiten berkode saham WIRG ini membukukan laba bersih Rp28,9 miliar, atau tumbuh 11,1 persen year on year (yoy).

Pencapaian laba bersih WIRG ditopang ekspansi solusi digital berbasis platform dan kolaborasi mitra strategis bisnis.

Dua hal itu menopang pendapatan WIRG hingga tembus Rp672,6 miliar selama 3 bulan pertama 2024, atau meningkat 8,1 persen secara tahunan. Kenaikan pendapatan dikombinasikan dengan operasional yang efisien membuat WIRG mampu menjaga profitabilitasnya.

Selama kuartal pertama 2024, WIR Group terus melakukan inovasi, khususnya dalam bidang augmented reality (AR) dan Web 3.0. Beberapa inovasi yang diluncurkan antara lain Nusa Studio untuk creator dan kurikulum sekolah, Nagara Blockchain oleh Nusameta, dan Hijrah Groceries oleh Mindstores yang memudahkan nasabah dari Bank Muamalat dalam berbelanja dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Teknologi AI Jadi Risiko Paling ‘Mengerikan’ pada 2026

Kolaborasi dengan mitra bisnis dari berbagai industri, termasuk industri pendidikan, juga menjadi pendorong pertumbuhan, di antaranya kerjasama Nusameta dengan Binus University dalam peluncuran Nusameta Borobudur untuk mendorong wisata digital.

Selanjutnya ada kerja sama Nusameta dengan Sekolah Santa Angela Bandung dalam merilis Angelaverse untuk memperkaya sarana belajar berbasis teknologi, kerja sama Nusameta dengan Universitas Bunda Mulia (UBM) dalam mendukung program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) dan juga Desain Interaktif (DI) melalui Metaverse dengan menghadirkan Nusa Studio bagi para mahasiswa, serta kerjasama dengan Sampoerna University terkait autentikasi ijazah berbasis blockchain.

“Kami antusias melaporkan pencapaian positif pada kuartal pertama tahun 2024. Pendapatan Perseroan pada kuartal pertama 2024 sebesar Rp672 Miliar, tumbuh sebesar 8,1 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya, didorong oleh kontribusi utama dari solusi platform digital yang terus berkembang dan memiliki skalabilitas tinggi pada berbagai macam lini industri,” terang Michel Budi Wirjatmo, Direktur Utama PT WIR ASIA Tbk dalam keterangan resmi, Selasa, 30 April 2024.

Baca juga: Wamen Nezar Patria Ingatkan Bahaya Penyalahgunaan Teknologi AI

Solusi platform digital Perseroan, yang mencakup penjualan barang, komisi transaksi, promosi, dan iklan, menyumbang sebesar 93,9 persen dari total pendapatan. Pendapatan dari segmen ini meningkat 7,7 persen menjadi Rp631,5 miliar dibandingkan dengan kuartal pertama tahun sebelumnya.

Di samping itu, laba usaha WIRG tumbuh sebesar 1,8 persen menjadi Rp42,1 miliar, dengan marjin laba usaha yang stabil di 6,3 persen. Perseroan juga berhasil mencatat EBITDA positif sebesar Rp47,2 miliar selama kuartal pertama tahun 2024.

WIRG optimis dapat mempertahankan pertumbuhan positif dan berkelanjutan dengan terus mengembangkan solusi berbasis teknologi yang inovatif dan adaptif terhadap kebutuhan pasar yang terus berkembang. (*) Ari Astriawan

Related Posts

News Update

Top News