Kualitas Layanan Hingga Inovasi jadi Kunci Asabri Jaga Kinerja Tetap Positif di Usia ke-52

Kualitas Layanan Hingga Inovasi jadi Kunci Asabri Jaga Kinerja Tetap Positif di Usia ke-52

Jakarta – Memasuki usia ke-52, PT Asabri (Persero) terus melakukan peningkatan kualitas layanan, bertransformasi dan inovasi untuk memberikan layanan prima bagi para pesertanya. Apalagi Asabri sejauh ini sudah melakukan perbaikan tidak hanya dari segi tata kelola perusahaan, namun juga dari sumber daya manusia dan layanan digital bagi peserta.

Asabri sendiri telah melakukan pembenahan dan fokus pada eksekusi strategi tata kelola, pemulihan aset, investasi, optimalisasi pembenahan internal pada proses layanan, IT, produk, serta SDM yang akhirnya mampu mendorong peningkatan kinerja Asabri dari sisi operasional dan finansial sebagai BUMN asuransi.

Baca juga: Asabri Terus Tingkatkan Layanan dan Inovasi Digital 

Dengan mengangkat tema “Jaga Integritas, Tingkatkan Kualitas” BUMN yang bergerak di bidang asuransi sosial dan pembayaran pensiun bagi Prajurit TNI, Anggota Polri, dan ASN di lingkungan Kementerian Pertahanan dan Polri ini tetap berpedoman pada AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif atau Core Values BUMN).

Diharapkan PT Asabri (Persero) kedepannya dapat terus berkontribusi untuk Indonesia melalui pelayanan prima dan memberikan manfaat yang optimal serta berkualitas bagi pesertanya, yaitu Prajurit TNI, Anggota Polri, dan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Pertahanan dan Kepolisian Negara Republik Indonesia. 

Direktur Utama PT Asabri (Persero) Wahyu Suparyono menyampaikan terima kasih atas dedikasi insan Asabri di seluruh Indonesia dan rasa syukur atas pencapaian ASABRI sampai dengan saat ini.

“Pencapaian Asabri hingga saat ini perlu kita syukuri bersama, dan pada perayaan HUT ke-52 ini menjadi momentum kita semua untuk dapat terus memberikan yang terbaik bagi Bangsa dan Negara, meningkatkan kinerja sehingga dapat memberikan kontribusi yang positif bagi Perusahaan dengan hati yang harus terus ditundukkan untuk selalu mengucap Syukur,” ujarnya dikutip 4 Agustus 2023.

Dengan melakukan peningkatan kualitas layanan, bertransformasi dan inovasi untuk memberikan layanan prima bagi para pesertanya, Asabri pun mampu menunjukkan perbaikan kinerja keuangan yang signifikan di akhir tahun lalu. Pada 31 Desember 2022, total aset Asabri tercatat Rp38,31 triliun, atau mengalami pertumbuhan positif yakni sebesar 13,17% bila dibandingkan dengan jumlah aset pada tahun sebelumnya di periode yang sama.

Pertumbuhan aset tersebut juga ditopang dengan adanya pengakuan piutang premi Unfunded Past Service Liability (UPSL) oleh Menteri Keuangan senilai Rp4,55 triliun yang sebagian telah dibayarkan pada tahun 2022 sebesar Rp2,27 triliun.

Asabri sendiri telah menyalurkan dana pensiun kepada lebih dari 464 ribu peserta pensiun. Pada tahun 2022 total pembayaran dana pensiun dari APBN sebesar Rp16,09 triliun yang dibayarkan setiap bulan, dan disalurkan melalui 14 mitra bayar di seluruh Indonesia. 

Selain itu, Asabri telah membayarkan klaim manfaat Tunjangan Hari Tua (THT) sebesar Rp1,48 triliun, manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebesar Rp63,77 miliar dan manfaat Jaminan Kematian (JKm) sebesar Rp211,90 miliar. Pembayaran telah dilakukan secara tepat waktu, tepat sasaran, tepat jumlah, dan tertib administrasi.

Baca juga: Peluang Profesi Aktuaris Asuransi Dengan Gaji yang Menggiurkan

Pada kesempatan yang sama, Komisaris Utama Asabri Fary Djemi Francis menyampaikan pesan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada seluruh Insan Asabri. “Jangan ragu-ragu mengambil tindakan. Pemerintah selalu mendukung dalam segala tindakan yang menciptakan Good Governance, menuju penyehatan, menuju efisiensi. Kami siap mendukung dengan segala kekuatan yang ada,” ungkapnya.

Dalam usianya yang ke-52 tahun ini Asabri telah melaksanakan program penyehatan, perbaikan di sisi layanan, operasional, teknologi dan sumber daya manusia. Perbaikan layanan untuk kemudahan Peserta telah dilaksanakan dengan peluncuran aplikasi ASABRI Mobile, Aplikasi ASABRI STAR, perluasan ASABRI Link bekerja sama dengan 13 (tiga belas) Mitra Bayar, dan hadirnya layanan ASABRI di Mall Pelayanan Publik. (*)

Related Posts

News Update

Top News