KTT Ke-43 ASEAN Hasilkan Kerja Sama Ekonomi USD38,2 Miliar, Ini Proyek Investasi yang Disepakati

KTT Ke-43 ASEAN Hasilkan Kerja Sama Ekonomi USD38,2 Miliar, Ini Proyek Investasi yang Disepakati

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN telah menghasilkan manfaat ekonomi senilai USD38,2 miliar yang masuk dalam 93 proyek.

“Ini konkret menghasilkan 93 proyek senilai USD38,2 miliar. Ini adalah kerja sama konkret yang bermanfaat untuk rakyat,” kata Jokowi dalam Konferensi Pers KTT ke-43 ASEAN, dikutip, Jumat 8 September 2023.

Baca juga: Jokowi Beberkan Hasil Kesepakatan KTT ASEAN 2023

Jokowi menjelaskan, ada beragam keputusan yang sudah dihasilkan dari pertemuan KTT ke-43 ASEAN ini. Termasuk deklarasi EAS Leaders’ Joint Statement mengenai epicentrum of growth. 

Kemudian pengembangan ekosistem EV baterai, dan percepatan pelaksanaan Regional Cross Border Payment dan Local Currency Transaction.

Selain itu, Jokowi menilai ASEAN memiliki potensi bersar untuk pertumbuhan ekonomi, dikarenakan perekonomian ASEAN berada di atas rata-rata ekonomi dunia.

Baca juga: Jokowi Resmi Tutup KTT ASEAN ke 43, Serahkan Tongkat Keketuaan ke Laos

“Karena di tengah rivalitas dan ketegangan geopolitik, dunia ini butuh poros agar tetap berputar pada jalurnya, dan ASEAN punya potensi besar. Bonus demografi juga ada. Stabilitas politik juga terjaga,” jelasnya.

Untuk itu, Dia melihat, ini menjadi tugas Keketuaan Indonesia bersama negara anggota ASEAN untuk memastikan bahwa kapal ASEAN harus terus berlayar. (*)

Related Posts

News Update

Top News