Kredivo Tengah Jajali Pembayaran Paylater di Sektor Transportasi, Begini Strateginya

Kredivo Tengah Jajali Pembayaran Paylater di Sektor Transportasi, Begini Strateginya

Jakarta – PT Kredivo Finance (Kredivo) tengah mengintip peluang pembayaran buy now pay later (BNPL) atau paylater yang berkaitan dengan transportasi. Terbaru, Kredivo bekerja sama dengan PT MRT Jakarta (Perseroda) untuk pembelian tiket.

Sebelumnya, produk paylater milik Kredivo juga sudah menyediakan pembayaran untuk pengisian bahan bakar minyak (BBM) bekerja sama dengan Shell, dan pembelian tiket kereta api dengan Kereta Api Indonesia (KAI).

Namun, Lily Suriani, Direktur Pemasaran dan Strategi Kredivo, menjelaskan kalau sektor transportasi belum memperoleh persentase pembayaran sebesar produk-produk lain seperti barang elektronik.

“Kalau misalnya transportasi kayak misalnya BBM ataupun tiket kereta, itu semua kita lihat (peningkatannya) memang cukup signifikan. Tapi mungkin, secara persentase masih lebih besar di gadget dan elektronik,” tutur Lily saat ditemui di MRT Bundaran HI Bank DKI pada Rabu, 16 Oktober 2024.

Baca juga: Makin Mudah! Kini Naik MRT Bisa Bayar Pakai Kredivo

Terkait pemesanan tiket, Kredivo juga sudah bekerja sama dengan platform seperti Tiket.com Sementara, di bidang transportasi umum, Lily tidak menampik akan membuka kerja sama dengan moda transportasi lain terkait pembelian tiket.

Utamakan analisis

Namun, sebelum menjajaki kolaborasi ini, Lily menegaskan kalau pihaknya akan melakukan analisis terlebih dahulu, menentukan transportasi umum mana yang dibutuhkan untuk nasabah Kredivo.

“Kita pasti akan coba analisis lagi kebutuhan pengguna di mana. Kalau misalnya kita melihat ada use case yang cukup bagus, baru kita akan jalankan. Karena, pada akhirnya adalah kita mau kerja sama yang kita jalankan semuanya juga beneficial buat 2 party gitu,” tegasnya.

Baca juga: Kredit UMKM Lesu Hanya Tumbuh 4,42 Persen pada Agustus 2024, Begini Kata Analis

Per September 2024 lalu, Kredivo sudah bekerja sama dengan MRT Jakarta terkait pembelian tiket melalui aplikasi MyMRTJ. Disebutkan bahwa total pembayaran tiket menggunakan Kredivo tumbuh empat kali lipat.

Adapun persentase pemakaian aplikasi digital untuk membayar tiket MRT mencapai 20 persen, berbanding 80 persen dari pembayaran kartu elektronik. (*) Mohammad Adrianto Sukarso

Related Posts

News Update

Top News