Kredit Mandiri Ke Sektor Perkebunan Kelapa Sawit Tumbuh 5,13%

Kredit Mandiri Ke Sektor Perkebunan Kelapa Sawit Tumbuh 5,13%

Kejar Aset Rp1.800 Triliun, Mandiri Rencanakan Rights Issue
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Penyaluran ini bertujuan untuk pengembangan sektor perkebunan nasional. Ria Martati.

Jakarta – PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyalurkan kredit ke sektor perkebunan nasional khususnya kelapa sawit sebesar Rp 57,4 triliun.
Indarto Pamoengkas, Senior Vice President Corporate Banking Bank Mandiri mengungkapkan atau pencapaian tersebut tumbuh 5,13% dari periode yang sama pada tahun lalu, sebesar Rp 54,6 triliun.

Dari total pembiayaan  tersebut, pembiayaan khusus pada pengembangan perkebunan kelapa sawit (on farm) mencapai Rp 49.7 triliun. Sedangkan pembiayaan pada sektor off farm, yang meliputi produk turunan kelapa sawit baik refinery maupun oleochemical mencapai Rp 7,7 triliun.

“Kami senantiasa meningkatkan kualitas pembiayaan dengan melakukan kajian rutin mengenai industri kelapa sawit baik melalui riset internal maupun dengan melibatkan pihak eksternal yang kompeten, mencakup semua aspek baik mikro maupun makro sehingga dapat membantu kami menjaga kualitas kredit secara optimal,” tambah Indarto.

Bank Mandiri memiliki sejarah panjang pembiayaan perkebunan kelapa sawit yang dimulai dari 4 Bank Legacy yang akhirnya merger menjadi Bank Mandiri. Saat itu bank-bank milik negara selalu diikutsertakan pemerintah dalam berbagai skema pembiayaan program seperti PIR KHUSUS, PIR TRANS, PIR KKPA, PBSN I,II, III, hingga program KPEN-RP. Dengan pengalaman panjang dan pemahaman atas karakteristik industri ini Bank Mandiri telah berperan besar dalam mendorong sektor kelapa sawit tumbuh dan berkembang seperti saat ini.

Di samping itu, Pemerintah melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Sawit (BPDP Sawit) telah menunjuk Bank Mandiri sebagai Bank penerima pembayaran pungutan ekspor sawit yang tertuang dalam Nota Kesepahaman Bersama mengenai Pengembangan Kelapa Sawit Indonesia. Bank Mandiri berkomitmen penuh dengan menyediakan jasa dan layanan perbankan serta informasi dalam menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana pungutan ekspor sawit

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]