Kolaborasi MUFG dan Danamon Dukung Transisi Energi di RI

Kolaborasi MUFG dan Danamon Dukung Transisi Energi di RI

Jakarta – MUFG Bank, Ltd. (MUFG) berkolaborasi dengan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menyelenggarakan acara bertajuk MUFG Net Zero World (MUFG N0W) 2024 dalam mendukung transisi energi di Indonesia.

MUFG N0W adalah acara unggulan dalam hal thought leadership dan keterlibatan di Asia Pasifik, yang bertujuan melibatkan para pemangku kepentingan dari pembuat kebijakan, pemimpin bisnis, hingga pakar industri dalam mendukung agenda keberlanjutan Asia.

Managing Executive Officer and Chief Executive for APAC, MUFG Bank, Ltd Masakazu Osawa mengatakan, acara tersebut berlangsung pada momentum yang penting dalam perkembangan Indonesia. 

“Saat negara ini mengambil peran yang lebih sentral dalam urusan global melalui kepemimpinan di presidensi G-20 dan ketua ASEAN, Indonesia juga berada di garis depan upaya iklim global, dengan berbagai jalur menuju net zero, termasuk fokus pada dekarbonisasi sektor tenaga listriknya. MUFG N0W mewakili upaya terbaru dalam mendorongkolaborasi sektor publik dan swasta menuju transisi energi Indonesia,” katanya, dikutip Rabu, 4 September 2024.

Baca juga : MUFG Buka Peluang Tingkatkan Investasi Demi Memperkuat Kehadiran di RI

Diketahui, lima tahun memasuki kemitraan strategis yang telah memantapkan MUFG dan Danamon sebagai salahsatu kelompok keuangan terkemuka di Indonesia, kedua bank ini secara konsisten menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pertumbuhan berkelanjutan negara ini sambil memperkuat hubungan bisnis bilateral dengan Jepang.

Debut sesi Jakarta dari MUFG N0W, yang telah merambah pasar utama Asia dengan sukses, juga membawa kemitraan ini ke tingkat berikutnya.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung mengungkapkan, seiring dengan  upaya Indonesia yang signifikan menuju net zero emission, peran sektor keuangan sangat penting dalam mendorong transformasi ini. 

Di mana, kata dia, ada 4 strategi utama bagi bank untuk mendukung transisi ini melalui target dan objektif yang jelas,mengintegrasikan risiko iklim ke dalam operasional inti, memperluas penawaran keuangan berkelanjutan, dan memperkuat tata kelola dan akuntabilitas.

Baca juga : Laba MUFG Cabang Jakarta Naik 28 Persen jadi Rp4 Triliun di Semester I 2024

“Transisi iklim bukan hanya keharusan dalam lingkungan, tetapi juga peluang strategis bagi Sektor KeuanganIndonesia. Bank memiliki peran penting untuk mengambil bagian dalam transformasi ini,” jelasnya.

Sementara, Head of ESG Finance APAC at MUFG Bank, Ltd Colin Chen mengatakan, pihaknya menyadari peran penting sektor keuangan dalam mendukung transisi energi Indonesia. 

Menurutnya, dengan pertumbuhan ekonominya yang cepat dan ambisi net zero yang luas, potensi Indonesia untuk mendorong aksi iklim global sangat besar dan sejalan dengan komitmen keberlanjutan kelompok MUFG.

“Dengan memanfaatkan keahlian dan sumber daya kami, kami bertujuan untuk mendukung perjalanan Indonesia menuju masa depan yang berkelanjutan, memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi dan pengelolaan lingkunganberjalan seiring,” bebernya.

Direktur Syariah & Sustainability Finance PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Herry Hykmanto menambahkan, komitmen Danamon terhadap keberlanjutan adalah hal yang vital dalam  strategi bisnis perusahaan. 

“Sebagai bagian dari Grup MUFG, kami berkomitmen untuk mendukung tujuan Indonesia menuju masa depan yang lebih hijau melalui serangkaian inisiatif berkelanjutan,” pungkasnya. (*)

Editor : Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News