KoinWorks: 60 Persen UMKM Hadapi Tantangan Rantai Pasok

KoinWorks: 60 Persen UMKM Hadapi Tantangan Rantai Pasok

Jakarta – Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) bersama dengan KoinWorks, mengumumkan peluncuran Impact Report 2023, dengan judul ‘Leveling Up the MSME Ecosystem’ sebagai langkah untuk meningkatkan seluruh ekosistem Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Chief of Impact and ESG KoinWorks, Angelique Timmer, mengatakan bahwa, hasil dari Impact Report 2023 tersebut menunjukkan masih terdapat lebih dari 60 persen UMKM yang menghadapi tantangan dalam mengelola rantai pasokan secara efisien dan adanya keterbatasan arus kas.

“Visi kami adalah agar UMKM tidak hanya masuk ke pasar sebagai pengecer tetapi menjadi bagian integral dari ekosistem produksi domestik,” ucap Angelique dalam keterangan resmi dikutip, 1 Juli 2024.

Baca juga: Selama 2023, KoinWorks Salurkan Pembiayaan Rp27,3 Triliun untuk UMKM

Ia juga menekankan bahwa, KoinWorks berfokus untuk meningkatkan seluruh rantai pasokan, melalui kemitraan dengan pemain kunci dan penggerak UMKM, serta lembaga keuangan tradisional untuk mendukung ekosistem UMKM.

“KoinWorks juga terlibat dalam program inkubasi UMKM yang diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Kolaborasi ini penting dalam menciptakan pertumbuhan berkelanjutan untuk meningkatkan seluruh ekosistem UMKM,” imbuhnya.

Baca juga: OJK Beberkan 4 Tantangan Penyaluran Kredit UMKM yang Masih di Bawah Kontribusi PDB

Adapun, Impact Report tersebut juga menampilkan dampak sosial perusahaan sepanjang 2023, di mana kerangka kerja environmental, social, and governance (ESG) telah menjadi praktik dalam bisnis KoinWorks.

Oleh karenanya, KoinWorks menegaskan, perusahaan di masa depan perlu didukung untuk tetap menjadi fintech dengan misi yang kuat, dengan dampak sosial yang lebih besar, berkontribusi pada lingkungan, mengutamakan manajemen risiko yang baik, dan memastikan kepatuhan yang ketat. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News