Klaim Kesehatan Naik 49 Persen, MSIG Life Bayarkan Klaim dan Manfaat Rp2 Triliun Hingga September 2023

Klaim Kesehatan Naik 49 Persen, MSIG Life Bayarkan Klaim dan Manfaat Rp2 Triliun Hingga September 2023

Jakarta – PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk (MISG Life) atau yang dulu dikenal dengan Sinarmas MISG Life mengumumkan pembayaran total klaim dan manfaat asuransi sebesar Rp2 triliun hingga kuartal III 2023.

Meski klaim kesehatan meningkat lebih dari 49 persen year on year (yoy), perseroan mampu menjaga kondisi keuangan tetap sehat dan kuat. Hal itu tercermin dari risk based capital (RBC) yang ada di posisi 2.204 persen, jauh di atas threshold yang ditetapkan regulator, yakni minimal 120 persen.

Menurut Wianto Chen, CEO dan Presiden Direktur MSIG Life, perseroan senantiasa berusaha mewujudkan perlindungan serta dukungan, untuk menjaga ketahanan finansial nasabah dan keluarga mereka tetap kuat di tengah terjadinya risiko.

“Kondisi finansial perusahaan juga sehat dan kuat untuk terus mewujudkan komitmen perlindungan finansial jangka panjang bagi nasabah, tercermin dari tingkat RBC yang mencapai hingga 2.204 persen, atau melampaui persyaratan minimal dari regulator,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin, 20 November 2023.

Baca juga: Panin Dai-ichi Life Bayar Klaim Tutup Usia Rp1 Miliar pada Ahli Waris di Medan

Jika dibandingkan periode sama tahun lalu, klaim kesehatan naik hampir 50 persen. Sedangkan klaim dari maturity, surrender, dan withdrawal mengalami koreksi hingga 13,6 persen. Kondisi ini menurut Wianto menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia, termasuk nasabah MSIG Life terus meningkat.

“Tidak hanya memahami pentingnya manfaat asuransi kesehatan sebagai perlindungan dasar, namun juga memahami asuransi jiwa sebagai instrumen penting dalam menjaga stabilitas finansial jangka panjang,” timpalnya.

Bila lebih diperinci, pembayaran manfaat terbesar hingga kuartal III 2023 ini diberikan untuk nasabah individu MSIG Life atas sejumlah penyakit. Sebut saja seperti injury, penyakit jantung, tulang dan sendi, pencernaan, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), kanker, katarak, hingga demam typhoid. Sedangkan untuk nasabah Kumpulan, pembayaran manfaat terbesar diberikan untuk penyakit diare, ISPA, demam typhoid, bronchopneumonia hingga faringitis akut.

”Dari laporan klaim kesehatan hingga akhir kuartal ketiga 2023, mari lebih waspada dengan risiko kesehatan di sekitar kita. Cara mengurangi risiko kesehatan salah satunya dengan menjalankan gaya hidup sehat, yaitu berolahraga secara rutin. Bangun komunitas yang mendukung kita untuk memiliki gaya hidup sehat. Agar lebih menyenangkan, masyarakat dapat menggunakan aplikasi MyFit+ by MSIG Life,” tambah Lukman Auliadi, Head of Customer and Marketing MSIG Life.

Baca juga: Sinarmas MSIG Life Beberkan Strategi Bisnis Hadapi Tahun Politik

Sebagai informasi, MSIG Life sudah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 38 tahun. Saat ini, perseroan melayani lebih dari 1,3 juta nasabah individu maupun kumpulan.

Sejalan perkembangan waktu, MSIG Life juga menghadirkan sejumlah inovasi, termasuk layanan digital untuk memudahkan nasabah. Belum lama ini, perseroan merilis aplikasi MyFit+ sebagai inisiatif dalam mendampingi masyarakat Indonesia untuk memiliki gaya hidup yang lebih sehat sehingga memiliki usia biologis yang lebih muda.

Sementara untuk layanan digital nasabah, MISG Life mempunyai aplikasi VEGA by MSIG Life. Aplikasi ini akan mempermudah nasabah dalam mengakses polis kapanpun dan di mana pun. VEGA mempermudah nasabah dalam mendapatkan informasi polis, melakukan pembayaran premi top-up, melakukan transaksi finansial hingga mengajukan klaim. (*) Ari Astriawan

Related Posts

News Update

Top News