Kinerja Positif, Mirae Asset Sekuritas Rekomendasikan 2 Saham Bank Jumbo Ini

Kinerja Positif, Mirae Asset Sekuritas Rekomendasikan 2 Saham Bank Jumbo Ini

Jakarta – Mirae Asset Sekuritas telah merangkum kinerja keuangan dari empat bank dengan kapitalisasi pasar jumbo, yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) dalam tujuh bulan terakhir.

Head of Investment Information Mirae Asset, Martha Christina, mengatakan bahwa, secara keseluruhan keempat bank tersebut menunjukkan kinerja yang membaik di kuartal II-2024 dibandingkan dengan data kuartal sebelumnya.

Perbaikan kinerja tersebut terlihat dari rasio net interest margin (NIM) keempat bank jumbo di kuartal II 2024 yang mengalami perbaikan. Rinciannya, NIM BMRI 5,09 persen, BBRI 6,4 persen, BBNI 4,02 persen, dan BBCA 5,7 persen.

Baca juga: Naik 65,52 Persen, Saham BRIS Tembus All Time High

“Jadi kita melihat di kuartal ke II itu momentumnya adalah momentum positif untuk perbankan ini dan kelihatannya akan berlanjut lagi sampai dengan kuartal III dan kuartal IV, apalagi seiring dengan penurunan nanti itu kemudian data NPL (non-performing loan) dari perbankan itu relatif terjaga,” ucap Martha dalam Media Day di Jakarta, 12 September 2024.

Secara rinci, data NPL gross di kuartal II-2024 untuk BMRI menunjukkan angka yang cukup baik di level 1,16 persen, diikuti BBNI yang mencatat NPL pada posisi 1,98 persen. Sementara untuk BBCA dan BBRI mengalami kenaikan NPL yang masing-masing tercatat 2,2 persen dan 3,2 persen.

Sementara itu, dari sisi pertumbuhan laba, BBCA mampu mengalami kenaikan double digit sebanyak 12 persen dalam tujuh bulan terakhir dibandingkan dengan bank lain yang hanya mengalami pertumbuhan single digit.

“Kemudian untuk yang kedua kita lihat Bank Mandiri di sini angkanya juga bagus ya, kenaikannya 7 persen, kemudian ada BRI yang naik 2 persen dan BNI pun rata-rata flat untuk labanya,” imbuhnya.

Sedangkan, jika dilihat dari sisi pertumbuhan total penyaluran kredit, Bank Mandiri paling unggul dibanding lainnya yang berhasil tumbuh 23 persen, baru diikuti BBCA yang naik 14 persen, lalu BBNI meningkat 11 persen, dan terakhir BBRI naik 9 persen.

Baca juga: Kinerja Moncer, Begini Rekomendasi Saham Amar Bank

“Angka pertumbuhan kredit ini sebenarnya di tujuh bulan ini lebih bagus daripada enam bulan kemarin karena memang kelihatan bahwa di semester ke II kemarin ada pengereman sedikit oleh perbankan untuk menjaga NPL,” ujar Martha.

Adapun, berdasarkan data tersebut, Mirae Asset Sekuritas merekomendasikan dua dari empat bank jumbo tersebut, yakni Bank Mandiri dan BCA. (*)

Editor: Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News