Kinerja Dunia Usaha Diprediksi Meningkat 13,66% di Triwulan I-2023

Kinerja Dunia Usaha Diprediksi Meningkat 13,66% di Triwulan I-2023

Selamatkan Peternak, Pemerintah Diminta Benahi Over Supply Ayam
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on email
Share on linkedin

Jakarta – Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan kinerja kegiatan dunia usaha tetap kuat pada triwulan IV-2022. Hal tersebut tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 10,27%, meskipun lebih rendah dari SBT pada triwulan III-2022 sebesar 13,89%.

Direktur Eksekutif, Erwin Haryono, mengatakan bahwa pada triwulan I-2023, responden memperkirakan kegiatan usaha meningkat dengan SBT sebesar 13,66%.

“Peningkatan kegiatan usaha diprakirakan terjadi pada sektor primer dan sekunder, antara lain Sektor Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Kehutanan dan Perikanan sejalan dengan masuknya musim panen yang dimulai pada bulan Maret,” ucap Erwin dikutip di Jakarta, 13 Januari 2023.

Di samping itu, tetap kuatnya kegiatan dunia usaha pada triwulan IV-2022 ditopang oleh sektor tersier yang tumbuh lebih tinggi, terutama Sektor Jasa-jasa serta Sektor Pengangkutan dan Komunikasi sejalan dengan peningkatan permintaan saat Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Natal dan libur akhir tahun.

Kemudian, untuk kapasitas produksi terpakai pada triwulan IV-2022 juga tetap baik sebesar 70,94%, meski relatif menurun dibandingkan triwulan III-2022 sebesar 73,67%. Sejalan dengan hal tersebut, penggunaan tenaga kerja juga terindikasi mengalami penurunan.

Adapun, kondisi keuangan dunia usaha terindikasi membaik dari seluruh aspek, yaitu aspek likuiditas dan rentabilitas, disertai dengan akses pembiayaan yang lebih mudah. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Pilihan

Segera Daftarkan Diri Anda Menjadi Kontributor di

Silahkan isi Form di bawah ini

[ultimatemember form_id=”1287″]