Kenali Medan Perang untuk Lawan Covid-19

Kenali Medan Perang untuk Lawan Covid-19

Covid-19 dapat menyerang siapa saja tanpa kecuali, termasuk anak muda. Kelompok ini memiliki imunitas yang lebih baik sehingga mungkin dapat terpapar tanpa menunjukkan gejala (asimtomatik), tetapi berbahaya dan dapat menyebabkan kematian bagi orang-orang di sekitarnya (silent killer).

Melihat hal itu, tentunya kita perlu tetap waspada dan jangan lengah sedikitpun. Terapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan.

Namun apakah itu saja cukup? Mengutip
panduan pedoman perubahan perilaku yang diterbitkan Satgas Penanganan Covid-19, Jika kita ingin benar-benar terhindar dari Covid19, kita juga harus selalu mengenali dan waspada di area mana kita berada. Apakah berada di zona merah, zona oranye, zona kuning, atau zona hijau.

Selain itu, kita juga harus mewaspadai tempat-tempat penularan Covid-19 yang berisiko tinggi, yaitu lokasi yang berpotensi terjadi kerumunan dan kontak sosial tinggi seperti pasar, sekolah, gedung, dan lain-lain.

Jangan sekali-kali mengabaikan protokol kesehatan di area tersebut, sedikit saja kita mengabaikan, Covid19 akan semakin mendekat.

Seperti diketahui, Covid-19 sendiri tidak ditularkan oleh hewan, tetapi menular antar manusia terutama dari orang-orang terdekat. Covid-19 ditularkan melalui cipratan liur (droplet) yang dikeluarkan seseorang dari mulut atau hidung ketika bersin, batuk, bahkan saat berbicara. Droplet dapat jatuh dan menempel pada benda-benda di sekitar kita. (*)

Related Posts

News Update

Top News