Kemenparekraf Proyeksikan Industri Film Sumbang PDB 2024 hingga Rp3,41 Triliun

Kemenparekraf Proyeksikan Industri Film Sumbang PDB 2024 hingga Rp3,41 Triliun

Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus berupaya mendukung perkembangan industri film di Indonesia dengan proyeksi kontribusi subsektor film dan animasi pada tahun 2024 mencapai Rp3,41 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Salah satu program yang diluncurkan untuk mendukung industri film adalah Creative Battle, sebuah kompetisi kreatif yang diselenggarakan melalui platform media digital.

Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf, Titus Haridjati, menyatakan bahwa Creative Battle diharapkan dapat menjadi wadah bagi siswa SMA dan mahasiswa untuk mengisi waktu liburan mereka.

“Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat menjadi wadah untuk mengisi liburan sekolah sobat kreatif tingkat SMA dan Perguruan Tinggi dengan membuat film pendek dan iklan layanan masyarakat,” ujar Titus, dikutip Senin (5/8).

Baca juga: Lewat AKI 2024, Kemenparekraf Genjot Pengembangan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf telah mengadakan kompetisi ini melalui akun media sosial Instagram @creativebyindonesia. Kategori SMA diharuskan membuat film pendek berdurasi maksimal 3 menit, sementara kategori perguruan tinggi membuat iklan layanan masyarakat berdurasi maksimal 7 menit.

Sementara, Perwakilan Direktorat Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf, Waskito Priasthomo menambahkan bahwa kompetisi ini diharapkan dapat melihat lebih banyak inovasi dan ide-ide segar yang dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Tema yang diusung dalam kompetisi ini tidak hanya menekankan pada kreativitas tetapi juga pada aspek keamanan, keselamatan, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan saat berlibur.

“Dengan menggunakan media film, pesan-pesan ini diharapkan dapat lebih mudah diterima oleh masyarakat,” imbuh Thomo.

Kompetisi ini berhasil menarik peserta dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Aceh, Padang, Jakarta, Banten, Semarang, Yogyakarta, dan Pasuruan.

Setelah melalui serangkaian kurasi dan penilaian oleh Yandy Laurens dan tim Creative by Indonesia, terpilihlah tujuh pemenang dari kategori SMA dan perguruan tinggi yang mendapatkan hadiah uang tunai dan kesempatan mengikuti coaching clinic bersama Yandy Laurens.

Pada Sabtu, 3 Agustus 2024, telah dilaksanakan “Awarding Day Creative Battle” di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, yang terdiri dari sesi coaching clinic, konferensi pers, nonton bareng film para pemenang, dan penyerahan hadiah.

Baca juga: Ekonomi Melambat, Airlangga Minta Genjot Belanja Pemerintah di Kuartal III 2024

Pemenang dari kategori SMA/SMK/MA sederajat adalah Tim Deraskan Production dari SMAN 2 Semarang dengan film “Behind the Kuripan” sebagai juara ketiga, Tim Nadia dari SMKN 3 Kasihan Bantul dengan film “Maestro Macapat di Daerah Istimewa Yogyakarta” sebagai juara kedua, dan Tim NH TV dari MA Nurul Hidayah Pasuruan, Jawa Timur dengan film “Gagal Tayang” sebagai juara pertama.

Sedangkan untuk kategori perguruan tinggi, juara ketiga diraih oleh Tim Realmumed dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dengan film “Langkah Akhir Pekan”, juara kedua oleh Tim InnerLight Creations dari Jogja Film Academy dengan film “Healing-Healing Hilang”, dan juara pertama oleh Tim Gercep Production dari Universitas Andalas dengan film “Berlibur Tanpa Khawatir”.

Juara favorit diraih oleh Ngapak Republic dari Universitas Bung Karno, Jakarta Pusat dengan iklan layanan masyarakat bertema “Aman Berwisata”. (*) Alfi Salima Puteri

Related Posts

News Update

Top News