Kemendagri dan Tempo Berikan Penghargaan kepada Penjabat Kepada Daerah Berprestasi, Ini Daftarnya

Kemendagri dan Tempo Berikan Penghargaan kepada Penjabat Kepada Daerah Berprestasi, Ini Daftarnya

Jakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Tempo Media Group memberikan penghargaan kepada para penjabat kepala daerah berprestasi. Penghargaan ini diberikan dalam acara “Apresiasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah 2024” yang digelar di The Tribrata Hotel Convention Center, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ajang ini menjadi simbol apresiasi atas dedikasi mereka dalam memajukan daerah masing-masing, khususnya dalam bidang kesejahteraan rakyat, pelayanan publik, dan ekonomi daerah.

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menekankan pentingnya evaluasi yang adil dan objektif terhadap kinerja para Penjabat Kepala Daerah. 

Baca juga : 16 Persen Penduduk RI Rentan Kelaparan, Kemendagri Soroti Hal Ini

Menurutnya, acara ini bukan hanya sekadar seremoni, tetapi juga upaya untuk menciptakan iklim kompetitif yang sehat. 

Tito berharap penghargaan ini dapat memotivasi para Penjabat Kepala Daerah untuk terus berinovasi dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

Penentuan penjabat kepala daerah berprestasi sendiri melalui penilaian yang dilakukan secara ketat melalui metode kuantitatif. Adapun, kemendagri bersama Tempo Media dan para juri ahli terdiri dari Komjen. Pol. Drs. Tomsi Tohir Balaw, M.Si., Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Mokhammad Najih, S.H., M.Hum., Ph.D., Ketua Ombudsman Republik Indonesia.

Selain itu, Prof. Dr. R. Siti Zuhro, MA., Peneliti Utama Politik BRIN, Drs. H. Jufri Rahman, M.Si., Staf Ahli Menteri PANRB Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah dan Arif Zulkifli, Direktur Utama Tempo Media Group.

Baca juga : OJK-Kemendagri Bersinergi Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Lewat TPAKD

Mengacu pada kinerja dua triwulan atau enam bulan terakhir, klasifikasi penjurian terdiri dari tiga kategori penilaian, yakni Kinerja Total, Kesejahteraan Rakyat, Pelayanan Publik, Ekonomi Daerah, berdasarkan kekuatan fiskal daerah tersebut, yakni fiskal tinggi, fiskal sedang, dan fiskal rendah. 

Tempo juga memperkuat hasil evaluasi tadi dengan melakukan survei Bersama tSurvei untuk mengetahui tingkat kepuasan publik atas kategori-kategori tadi. 

Proses berikutnya adalah skoring dan kurasi untuk selanjutnya menentukan finalis. Para finalis lantas mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan pencapaian mereka di depan dewan juri sesuai dengan kategorinya. 

Selama dua hari, pada Kamis-Jumat, 8-9 Agustus 2024, para Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati, dan Penjabat Wali Kota memaparkan pencapaian mereka di hadapan para dewan juri. Seusai pemaparan, para dewan juri berdiskusi dan menetapkan para pemenang Apresiasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah 2024.

Dari total 20 provinsi dan 145 kabupaten/kota yang dinilai, terpilihlah 11 pemenang di tingkat provinsi dan 9 di tingkat kabupaten/kota. Dengan adanya apresiasi ini, diharapkan semangat untuk berprestasi semakin tumbuh di kalangan Penjabat Kepala Daerah, demi kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Peraih Apresiasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah 2024 Tingkat Provinsi

FISKALKINERJA TOTALKESEJAHTERAAN RAKYATPELAYANAN PUBLIKEKONOMI DAERAH
TINGGIBaliJawa BaratKalimantan TimurKalimantan Barat
SEDANGSumatera SelatanBangka BelitungBangka BelitungSumatera Selatan
RENDAHSulawesi BaratSulawesi BaratPapua BaratNTT
Apresiasi khusus: Provinsi DKI Jakarta (Fiskal Sangat Tinggi)Provinsi Papua Tengah (Perempuan Inspiratif)

Peraih Apresiasi Kinerja Penjabat Kepala Daerah 2024 Tingkat Kabupaten/Kota

FISKALKINERJA TOTALKESEJAHTERAAN RAKYATPELAYANAN PUBLIKEKONOMI DAERAH
TINGGIKota BekasiKabupaten GianyarKabupaten TangerangKota Bekasi
SEDANGKota MalangKota MalangKota MalangKota Bandung
RENDAHKabupaten BatangKabupaten Penajam Paser UtaraKabupaten JeparaKabupaten Tanah Laut
(*)

Editor : Galih Pratama

Related Posts

News Update

Top News