Ekonomi dan Bisnis

Kemendag: Efisiensi Tol Laut Dorong Pemerataan Ekonomi di Wilayah Terpencil

Jakarta – Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Moga Simatupang menyatakan bahwa program Tol Laut berhasil meningkatkan efisiensi distribusi logistik, mengurangi disparitas harga, dan mendorong pemerataan ekonomi di pelosok Indonesia.

Dalam pernyataannya di Jakarta, beberapa hari lalu, Moga menjelaskan bahwa program ini memberi manfaat besar bagi masyarakat, termasuk stabilisasi harga dan pertumbuhan ekonomi yang lebih merata.

“Efisiensi ini tidak hanya meringankan beban masyarakat, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih merata di seluruh pelosok negeri,” ujar Moga, dikutip pada Senin, 7 Oktober 2024.

Baca juga: Program Tol Laut Diklaim Tekan Biaya Logistik Hingga 25%

Program Tol Laut, jelas Moga, diintegrasikan dengan Sinergi Gerai Maritim (SIGM), yang mencakup pembangunan depo di beberapa wilayah dan pelaksanaan temu bisnis antara pelaku usaha.

Dengan adanya SIGM, distribusi barang dari produsen ke konsumen diharapkan bakal lebih efisien, sehingga akses terhadap barang-barang ini lebih merata.

Menurut Moga, program Tol Laut yang dilandasi oleh Peraturan Presiden ini telah mencakup distribusi 11 bahan pokok, 7 bahan penting, dan 32 barang lainnya.

“Kalau kita flashback, Tol Laut ini dasarnya Peraturan Presiden, lalu kita turunkan menjadi aturan di Kementerian Perdagangan. Ada 11 bahan pokok, 7 bahan penting, dan 32 barang lainnya yang masuk dalam pengaturan distribusi Tol Laut,” paparnya.

Baca juga: HK Beberkan Progres Pembangunan Tol Trans Sumatera Dalam 4 Tahun Terakhir

Disparitas harga turun signifikan

Ia juga mengungkapkan bahwa disparitas harga antarwilayah telah menurun signifikan, dari 14,2 persen pada 2015 menjadi 10,25 persen pada 2024, dengan dampak paling terasa di Indonesia Timur.

Moga menekankan bahwa keberhasilan program ini terwujud berkat koordinasi lintas lembaga yang solid.

Selain itu, pemerintah mendorong peningkatan produksi lokal untuk mengoptimalkan muatan balik, sehingga biaya logistik dapat ditekan.

Baca juga: Bawa Pesan Perdamaian dan Toleransi, Grand Syekh Al Azhar Sambangi Jokowi di Istana Merdeka

Inisiatif Presiden Jokowi

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan bahwa program Tol Laut merupakan inisiatif Presiden Joko Widodo ata Jokowi untuk mengatasi masalah logistik di wilayah 3TP (tertinggal, terdepan, terluar, dan perbatasan).

Ia menjelaskan bahwa sejak diluncurkan pada 2015, Tol Laut telah berkembang dari 3 trayek menjadi 39 trayek, dengan muatan meningkat pesat dari 30 ton menjadi hampir 990 ton pada 2023.

Jumlah kapal dan pelabuhan yang dilayani juga terus bertambah, mendukung komitmen pemerintah untuk mengurangi disparitas harga dan kelangkaan barang di wilayah-wilayah terpencil.

Melalui program ini, pemerintah terus berupaya menciptakan distribusi logistik yang lebih merata dan mendorong pertumbuhan ekonomi di seluruh pelosok negeri. (*)

Yulian Saputra

Recent Posts

2 Perusahaan Ini Bakal Melantai di BEI Besok, Cek Rinciannya

Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada esok hari, Selasa, 8 Oktober 2024, bakal… Read More

2 mins ago

OJK Cabut Izin Usaha Rindang Sejahtera Finance, Ini Alasannya

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada hari ini, Senin 7 Oktober 2024, mengumumkan bahwa… Read More

25 mins ago

BCA Syariah Gelar Kegiatan Edukasi, Cerdas Berinvestasi Emas

Direktur BCA Syariah Pranata tengah menyampaikan paparan saat acara diskusi syariah dengan tema Cerdas Berinvestasi… Read More

38 mins ago

DYAN Optimistis Pendapatan 2024 Tumbuh 15 Persen, Ini Alasannya

Jakarta - PT Dyandra Media International Tbk (DYAN) atau Dyandra sebagai emiten yang bergerak di… Read More

1 hour ago

BEI Buka-bukaan soal Nasib Listing Bank Muamalat

Balikpapan – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) buka suara terkait rencana pencatatan saham alias listing PT Bank… Read More

2 hours ago

Akuisisi Bank Banten (BEKS), Bank Jatim (BJTM) Masih Negosiasi Harga Final

Jakarta - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim (BJTM) mengumumkan rencananya… Read More

2 hours ago